Kini Pukul :

Siap Antar Jemput Pelajar di Jakarta, Pemprov Sediakan 176 Bus Sekolah

Vnn.co.id, Jakarta - Unit Pelayanan Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta kini telah memiliki 176 bus sekolah. Ratusan bus sekolah tersebut disiapkan untuk mengantar para pelajar di Ibukota menuju sekolah dan kembali secara gratis melewati 20 rute.

Kepala Satuan Pelayanan UPAS Dishub DKI Jakarta, Daud Syamsurizal Ahmad mengatakan dari 20 rute yang ada, tiga di antaranya merupakan rute tambahan. Bus sekolah diawaki 352 petugas dan beroperasi dalam tiga shif yakni shif pertama pukul 05.30-07.00, shif kedua pukul 11.00-16.00 dan shif ketiga mulai pukul 17.00-18.00.

"176 bus sekolah yang melayani 20 rute ini setiap harinya mengantar jemput anak sekolah dari pagi hingga sore hari," ujar Daud, Selasa (9/7).

Adapun tiga rute tambahan baru yang dilayani dengan bus sedang yaitu jurusan Kemanggisan-Benhil, Meruya-Ciledug  dan Kemanggisan-Daan Mogot.

Dari 176 armada bus sekolah, 70 di antaranya merupakan armada baru pengadaan tahun 2018 yang sudah dilengkapi dengan CCTV 360 derajat. Tak hanya itu, armada bus ini juga dilengkapi Global Positioning System (GPS).

"Setiap hari rata-rata jumlah siswa yang menggunakan bus sekolah mencapai 33 ribu penumpang," katanya.

Ditambahkan Daud, untuk menunjang operasional bus sekolah di lapangan, pihaknya juga menyiapkan 10 petugas yang ditempatkan di ruang kendali utama. Tugasnya memantau seluruh armada melalui GPS yang telah terpasang. (Humas Pemprov DKI Jakarta)

No comments