Kini Pukul :

Pengiriman Logistik Bencana Longsor Sukabumi Dan Tsunami Banten Dari Relawan Bela Alam

Panji Saputra (Ketua Relawan Bela Alam Kodim 0621 Kab. Bogor.
Saat Memeriksa Persiapan Keberangkatan Logistik.
Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Sebelumnya bencana tsunami yang menerjang selat sunda yang mengkibatkan puluhan ribu jiwa terpaksa mengungsi membuat ratusan relawan melakukan penyisiran jenazah dan membersihkan puing-puing berserakan.

Ketika bencana tsunami selat sunda yang menimpa Provinsi Banten dan Lampung yang belum pulih seperti sediakala, Indonesia kembali berduka dengan peristiwa longsor yang menimpa kawasan Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Senin (31/12) petang. 
Relawan Bela Alam Sebelum Pengiriman Logistik.
Sejumlah relawan dari berbagai elemen melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu korban bencana dengan mengirimkan bantuan berupa tenaga relawan dan logistik.

Aksi kemanusiaan itu juga dilaksanakan oleh Relawan Bela Alam yang pada hari ini Sabtu (5/12/2018) siang mengirimkan Bantuan Logistik ke Banten yang ke 4 kali dan pengiriman logistik ke Sukabumi untuk yang pertama kalinya.
Relawan Bela Alam mengirimkan logistik dengan armada yang bekerjasama Satuan Armed 10 Brajamusti dan Pasiter Lettu Inf. T. Marbun, SH yang ikut membantu aksi kemanusiaan tersebut.

Berdasarkan data, korban yang dicari oleh tim gabungan berjumlah 33 orang. Hingga Kamis (3/1/2019) petang, sudah 18 korban ditemukan. Di antaranya 16 korban sudah teridentifikasi dan dua korban masih dalam proses identifikasi tim Disaster Victim Identification (DVI).
Dalam kesempatan tersebut kami (awak vnn.co.id) berhasil mewawancarai salah satu pimpinan Relawan Bela Alam.
"Hari ini kami mengirim 15 personil ke Sukabumi untuk membantu korban longsor 15 orang dan sebanyak 20 orang untuk korban tsunami Banten." Dikatakan Panji Saputra selaku Ketua Relawan Bela Alam.
Logistik Untuk Korban Longsor Sukabumi Dan Tsunami Banten.
"Diantaranya anggota yang kami terjunkan dalam operasi, untuk wilayah Banten dipimpin oleh Aditya Wakil Ketua Relawan Bela Alam dan Capung Sekretaris Jenderal. Sedangkan untuk wilayah Sukabumi dipimpin oleh H. Wawan Ramdani Ketua Bidang Seni dan Budaya didampingi Supriyadi Ketua Bidang Bela Lingkungan". Tambah Panji.

Relawan Bela Alam Kodim 0621/Kab. Bogor sendiri merupakan komunitas para aktivis yang peduli akan lingkungan yang beberapa waktu lalu membongkar pipa siluman yang berasal dari beberapa perusahaan untuk akses pembuangan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3).

Jurnalis: RMD
Editor: IP

No comments