Respon Darurat Kekeringan, PHRD, PK3L dan FK-K3LH Sumbangkan Air Bersih di Pebayuran Bekasi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Respon Darurat Kekeringan, PHRD, PK3L dan FK-K3LH Sumbangkan Air Bersih di Pebayuran Bekasi

, 10/15/2023 02:37:00 PM

Sumbangan air bersih


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi saat ini makin meluas, banyak sumber air saat ini sudah kering. 

Serta sumur-sumur warga juga sudah kering, wargapun kerepotan untuk mencari air untuk kebutuhan sehari-hari.


Sebagi bentuk respon darurat kekeringan, Kolaborasi Paguyuban HRD (PHRD), Paguyuban K3L (PK3L) dan Forum Komunikasi K3LH (FK-K3LH) Kabupaten Bekasi bersama-sama membentuk aksi peduli kekeringan dengan bergerak menggalang donasi sumbangan air bersih dan air minum yang akan didistribusikan ke wilayah yang terdampak kekeringan di Kabupaten Bekasi, Minggu 8 Oktober 2023.


Dalam kurun waktu 2 (dua) minggu, Pengurus Kolaborasi mengumpulkan sumbangan yang  diberikan oleh anggota Panguyuban/Forum, Praktisi dan Perusahan.


Dasar Kegiatan Aksi Peduli kekeringan ini merujuk Surat Edaran Bupati Bekasi No. BC.03.02-SE79-BPBD tentang Partisipasi Penanganan Bencana Kekeringan 2023.



Musim kemarau tahun ini lebih panjang dari musim kemarau tahun sebelumnya sebagai dampak pengaruh fenomena El Nino yang menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi.


Pemberian Sumbangan air bersih dan air minum yang dilaksanakan pada Minggu (8/10) di wilayah selatan Kabupaten Bekasi yaitu di kecamatan Pembayuran untuk Desa Sumber urip, Kel Kertasari dan Desa Bantarjaya.


Air bersih yang disumbangkan pada aksi perduli kekeringan sebanyak dua tangki dengan kapasitas 8000L dan 5000L, 200 Galon Air Minum, dan Roti, Snack box, Nasi Box.


Hadir dalam serah terima bantuan yang dilakukan di kantor kecamatan Pebayuran yaitu Perwakilan Muspika Kecamatan Pembayuran, Polsek  Pembayuran dan Ketua FPRB Kecamatan Pebayuran.


Ketua PHRD, Doan Herison, mengatakan bahwa kondisi ini harus segera direspon. “Kekeringan yang terjadi harus segera ditanggulangi walaupun dengan tindakan kecil dan sederhana, mungkin bantuan yang dapat kami berikan ini tidak besar dan yang penting bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga.”, ungkapnya. 


Saat dihubungi lewat telephone pada Rabu (11/10/2023), Penasehat Fk-K3LH Kabupaten Bekasi, Agus Mahardhika menyampaikan,


“Atas nama Pengurus Kolaborasi PHRD, PK3L dan FK-K3LH Kabupaten Bekasi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur yang telah memberikan sumbangan, baik atas nama pribadi maupun perusahaan dan kepada PMI Kabupaten Bekasi yang telah bersinergi bersama-sama kami dalam Aksi Peduli Kekeringan di Kecamatan Pebayuran. Terimakasih atas koordinasi dan arahan dari BPBD Kabupaten Bekasi sehingga kegiatan ini dapat terlaksana  dengan baik. Semoga kedepan kita bisa memberikan bantuan yang sama untuk wilayah utara di Kabupaten Bekasi,” tutup Agus Mahardhika.


Redaksi

Jurnalis: Jarkoni



TerPopuler

close