Yuk, Intip 10 Fashion Item Lokal yang Mendunia! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Yuk, Intip 10 Fashion Item Lokal yang Mendunia!

, 9/11/2021 02:16:00 PM


Fashion: Instagram Lea Jeans.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Versinas Readers, tahukah Anda bahwa banyak produk sepatu dan pakaian kita yang sudah merambah pasar dunia. Bahkan beberapa produk dalam negeri dikira produk luar, karena kualitasnya yang terjamin. Apa saja fashion item lokal yang banyak dikira produk luar negeri dan banyak digemari oleh masyarakat luar? 


1. Lea Jeans


Instagram Lea Jeans.


Lea Jeans merupakan produk lokal yang mampu menembus pasar dunia. Karena desain logonya, Lea Jeans sering dikira produk Amerika. Pemilihan logo ini merupakan salah satu strategi untuk memenangkan pasar karena banyak orang beranggapan bahwa produk jeans yang bekualitas berasal dari Amerika. Lea Jeans yang diproduksi di Tangerang ini sudah dikenal sejak tahun 1976. Lea Jeans terkenal dengan bahannya yang berkualitas dan desain yang selalu up to date khas anak muda. Kamu pantas berbangga karena Lea Jeans termasuk salah satu produk lokal yang banyak diminati pasar dunia.


2. Buccheri


Instagram Buccheri.

Siapa yang tidak kenal dengan merk Buchheri. Produsen sepatu kulit ini mempunyai ratusan gerai di mal-mal ternama di seluruh Indonesia. Kualitas produk Buchheri tidak diragukan lagi. Item produk sepatu formal baik untuk pria maupun wanita sangat digemari. Ciri khas produk Buchheri adalah pembuatannya secara home made, sehingga masing-masing produk mempunyai keunikan. Buchheri juga sering mengadakan promo dan diskon untuk produk tertentu. Kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau membuat Buchheri digemari banyak kalangan. Produk Buccheri mulai dipasarkan pada tahun 1980 dengan satu toko di Pasar Baru Jakarta.


3. Edward Forrer


Instagram Edward Forrer.


Edward Forrer merupakan brand sepatu lokal yang awalnya dipasarkan dari pintu ke pintu. Nama Edward Forrer diambil dari nama pendirinya yang akrab disapa dengan Edo. Edo memulai usaha sepatu dengan bermodal uang Rp 200.000 pada tahun 1990. Modal tersebut dibelikan bahan dan mesin jahit. Dibantu dengan dua orang karyawan, produk Edward Forrer yang dibuat secara hand made semakin diminati pasar. Edo kemudian mengubah rumahnya yang berada di Bandung menjadi bengkel pembuatan sepatu dan ruang pamer.


Saat ini produk Edward Forrer banyak dijual di gerainya yang berada di Indonesia, Australia, Malaysia dan Hawai. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Edo menggandeng perajin-perajin dari daerah dengan tetap menjaga kualitas produknya yang sudah terkenal.


 4.  The Executive

Instagram The Evcecutive.


Bagi kamu para eksekutif muda pasti kenal dengan nama The Executive, sebuah brand yang memproduksi pakaian kerja dengan kualitas prima dan harga terjangkau. Meski menggunakan nama dalam bahasa Inggris, The Exexutive merupakan produk lokal Indonesia. Sesuai namanya, The Executive memproduksi pakaian formal dengan desain yang eksklusif. Produk fashion ini dibuat di Bandung dan didirikan oleh Johanes Fanuel.


5. Wakai


Instagram Wakai.


Mendengar nama ditambah logonya, pasti banyak yang menduga Wakai adalah produk Jepang. Nyatanya, Wakai adalah produk Indonesia. Ciri khas sepatu Wakai adalah produknya yang simpel dengan bahan kain kanvas polos dipadu dengan bahan bermotif.


Model sepatunya yang datar sangat nyaman dipakai dalam waktu lama. Wakai juga terkenal dengan kualitasnya yang awet. Jangan keliru dengan embel-embel yang tertulis, sekilas nampak tulisan Made in Jepang, padahal yang tertera adalah Made of Jepang karena beberapa desainnya dari Jepang.


Sepatu yang banyak digandrungi semua kalangan ini membandrol harga yang cukup tinggi sesuai dengan kualitasnya. Apalagi produk-produk Wakai merupakan produk limited edition. Satu lagi kelebihan produk Wakai adalah ramah lingkungan. Setiap pembelian produk tidak akan dibungkus dengan plastik melainkan dengan tas kain yang ramah lingkungan.

 

6.  Peter Says Denim  (PSD) 


Instagram PSD.

Kalian pasti akbrab sama clothing line yang satu ini. Jika kalian mengoleksi celana jeans dengan brand dari beberapa musisi, seperti Silverstein, The Almost, dan Sky Eats Airplane, pasti merk ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Ketika membaca merk Peter Says Denim, awalnya kamu mengira ini brand luar negri, kan? Hmm, salah tuh, ini merupakan brand asli Indonesia. Produk ini didirikan pada tahun 2008 oleh Peter Firmansyah. Dalam selang 3 tahun, brand clothing line mulai meng-endorse band luar negeri. Alhasil, PSD pun mulai mendunia dan dikenal banyak orang.

7. Crooz

Instagram Crooz.

Sudah pernah dengar atau beli produk Crooz? Crooz adalah salah satu distro clothing line Indonesia yang sudah dikenal mancanegara. Hal itu tidak perlu diragukan lagi keberadaan dan keternarannya. Brand Crooz sendiri didirikan pada tahun 2003 oleh MaxPraditya. Crooz saat ini telah memiliki banyak outlet di berbagai belahan dunia, seperti Singapura, Filipina, Jepang dan masih banyak yang lainnya.

8. Ouval Research


Instagram Ouval Research.


Widiih, dari namanya saja sudah keren abis, kan. Dibandingkan dengan dua clothing line di atas, Ouval Research merupakan senior di Indonesia yang sudah lama beridri sejak tahun 1997 oleh Trio Rizki, Mazkom, dan Firman. Brand ini hanya memproduksi kaos dengan print unik pada awalnya. Namun akhirnya brand ini mulai memproduksi tas, sepatu, MP3, dan lain-lain. Berkat usaha keras dan keseriusan mereka, brand ini sudah membuahkan hasil hingga produksinya sangat berkembang pesat hingga merambah ke luar negeri, seperti Singapura dan Jerman.


9. Suicide Glam


Instagram Suicide Glam.


Anak muda banget, nih! Brand ini berdiri karena terinspirasi dari clothing line yang booming pada tahun 2000-an. Rudolf Dethu dari Kuta, Bali adalah pendirinya. Brand ini memiliki konsep perpaduan karakter musik dan fashion. Modal utama berkembangnya brand ini adalah hubungan pertemanan yang baik antara pendiri dan pengunjung toko yang kebanyakan berasal dari luar negeri. Produk ini sudah menyentuh berbagai negara, seperti Kanada, Jepang, Kolombia, Jerman, dan Australia.


10. Deadheartz For Life



Setelah berbicara tentang Peter Says Denim dan Ouval Research, Bandung ternyata juga memiliki distro clothing line yang mendunia, yaitu Deadheartz For Life. Bandung, memang rajanya clothing line maupun fashion di Indonesia. Deadheartz For Life ini didirkan pada tahun 2008. Pembeli brand ini sudah menyentuh berbagai negara, seperti Singapura, Amerika, dan masih banyak lagi.


Gimana, nih ? Banyak, kan distro clothing line lokal yang mendunia? Bangga, deh jadi warga Indonesia. Mari lebih mencintai produk lokal yang gak kalah bagus sama produk luar!


Sebagai pengguna fashion tentu kamu bangga dengan produk lokal yang mempunyai kualitas internasional, bahkan banyak diminati di mancanegara. Tidak harus menggunakan produk ekspor, produk anak bangsa pun banyak yang berkualitas dengan harga terjangkau. Kamu patut bangga menggunakan produk Indonesia. Tunggu apalagi, yuk gunakan produk lokal agar Indonesia makin berkembang.


Penulis : Isnatul Fajar Khoela Ani

Editor: Mega

TerPopuler

close