Ini Efek Vaksin AstraZeneca Temuan KIPI -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ini Efek Vaksin AstraZeneca Temuan KIPI

, 4/05/2021 12:01:00 PM

 

Vaksin AstraZeneca.

Vnn.co.id, Jakarta – Terdapat beberapa laporan terkait efek pasca vaksinasi, di antaranya diungkapkan oleh Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Prof Hindra Irawan Satari mengenai hal ini.

“Jadi laporan yang tertimggi, yang 5 besar itu sakit kepala, mual, nyeri otot, pusing, dan muntah,” terang Prof Hindra saat konferensi pers, Ahad (4/4/21).

Ia menambahkan, efek vaksinasi tersebut tidaklah berlangsung lama. Dalam waktu 1 sampai 2 hari akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun ada juga dengan pengobatan.

Selain itu, menurutnya,  pembekuan darah yang terjadi dikaitkan dengan Vaksin AstraZeneca yang sebelumnya  dikhawatirkan, belum ditemukan di Indonesia.

“Di Indonesia juga belum cukup data, juga tentang blood clot. Namun, laporan dari vaksin ini belum ada laporan tentang blood clot ini,” katanya.

“Mudah-mudahan tidak ada, tapi kami mempunyai tugas juga dari WHO sebetulnya untuk melaksanakan surveilans kejadian ikutan dengan perhatian khusus, itu dilakukan di 14 rumah sakit di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Inggris menemukan lebih dari 25 kasus pembekuan darah usai lakukan vaksinasi AstraZeneca pada 2 April 2021 lalu. Namun, Badan Pengatur Obat-Obatan  dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA) mengaku tidak mendapatkan laporan demikian.

Bahkan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson–orang pertama yang menerima vaksin–meyakinkan bahwa vaksin itu tidak bermasalah dan mengklaim hal itu adalah yang terbaik.

Red: Mega

TerPopuler

close