Kini Pukul :

Setu Citongtut Kembali Tercemar Limbah. Ikan Mati Dan Warga Geram Kepada Oknum

Diduga Tercemar Limbah, Ikan Mati Di Setu Citongtut. Gunung Putri, Bogor.


Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Keindahan sungai di sejumlah wilayah Kabupaten Bogor sepertinya hanya cerita lama orang tua dulu, pasalnya aliran sungai yang dirasa cukup untuk menghidupi kebutuhan air di sepanjang bantaran sungai kini sudah pupus.

Salah satunya Setu Citongtut yang berada di Kecamatan Gunung Putri, wilayah Bogor Timur ini diduga telah sangat tercemar oleh limbah industri sehingga membuat ikan dan hewan lainnya disekitar sungai mati pada Senin, (01/02/2021).

Melalui sambungan Whatsapp Anggota DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS Achmad Fathoni sangat menyayangkan dan prihatin atas peristiwa pencemaran sungai yang kembali terjadi.

"Saya sangat prihatin dengan pencemaran yang masih terus terjadi dan saya sudah langsung kontak Pak Asnan selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor" Ungkap Dewan PKS tersebut.

Achmad Fathoni, ST (Anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PKS).


Dirinya juga menambahkan jika hal ini segera di usut tuntas. "Saya berharap ada pengusutan dan penindakan yang lebih tegas dan cepat" Pungkasnya.

Di tempat berbeda, Nafizul Alhafidz Rana Ketua Umum Presidium Bogor Timur juga ikut mensikapi pencemaran lingkungan di Setu Citongtut dan Sungai Cileungsi. 

"Presidium Bogor Timur sangat menyesalkan dan menyayangkan atas kejadian pencemaran lingkungan yang masih terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, ini sangat tidak sesuai dengan program pancakarsa bupati, semestinya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus proaktif dan bertanggung jawab untuk mengawasi lingkungan yang ada di Kabupaten Bogor" Terang Ketua Umum Presidium itu.

Diduga Terkena Limbah Beracun, Ikan Mati Di Setu Citongtut. Gunung Putri.


Alhafidz juga berharap kejadian ini harus dikawal bersama oleh masyarakat agar DLH dan stakeholder ataupun aparat terkait bisa bergerak secepatnya untuk menyikapi dan menyelesaikan persoalan pencemaran lingkungan tersebut

"Dan tolonglah gunakan kewenangannya untuk menindak tegas, baik itu korporasi ataupun individu-individu oknum masyarakat yang terbukti mencemarkan lingkungan" Tutup Alhafidz.

Seperti kita ketahui bersama, sebelumnya pemerintah Kabupaten Bogor bersama Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat telah melakukan inventarisir sejumlah perusahaan nakal yang terbukti telah membuang limbah dan atau mengalirkan pipa limbahnya ke sungai.

Jurnalis: IP

Editor: IP