Kini Pukul :

Kenaikan Tarif PDAM Tirta Bhagasasi Dapat Penolakan dari Warga FKMG


Spanduk Pemberitahuan Kenaikan Tarif PDAM Thirta Bhagasasi (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Forum Komunikasi Masyarakat Graha Asri (FKMG) Cikarang telah melayangkan surat ke Komisi 1 DPRD Kabupaten Bekasi terkait penolakan kenaikan tarif PDAM Tirta Bhagasasi terhitung sejak bulan Januari tahun 2021 yang di anggap membebani masyarakat.

FKMG menilai, Bupati Bekasi tidak peka melihat kondisi saat ini. Dimana masyarakat sedang kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini. Tetapi malah membebani masyarakat dengan menaikkan tarif PDAM.

"Sementara pelayanan PDAM dari hari ke hari semakin bobrok dan sering air tidak mengalir akibat rusaknya komponen PDAM," tegas Sekretaris FKMG Ery Mahdi kepada awak media belum lama ini di Cikarang.

Menurut Ery, masyarakat yang ada di perumahan Graha Asri Cikarang ini sudah sejak lama mengeluhkan pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi ini, dimana suplay air yang keruh dan tidak layak untuk dikonsumsi, ditambah debit air yang kecil bahkan sering mati.


Air PDAM Yang Keruh Dikeluhkan Warga (foto : istimewa)


Melihat hal tersebut, FKMG sangat berharap agar kiranya DPRD Kabupaten Bekasi dapat mendengarkan dan merasakan keluhan masyarakat sebagai pelanggan PDAM Tirta Bhagasasi, dan selanjutnya dapat membatalkan kenaikan tarif PDAM tersebut.

Sementara itu, Ketua Forum Konsumen PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, Usman, mengatakan selama ini dirinya terus menyampaikan kepada pihak PDAM Tirta Bhagasasi agar pelayanan terhadap konsumen dapat terus ditingkatkan.

Seharusnya, penyesuaian tarif ini juga selaras dengan pelayanan yang diberikan pihak PDAM kepada konsumen.

"Memang selama pandemi ini banyak konsumen yang menunggak sehingga terkendala dalam biaya operasional, sehingga terjadilah penyesuaian tarif yang mana sudah enam tahun, baru ini ada penyesuaian tarif," ujar Usman.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah mengatakan bahwa aspirasi masyarakat perumahan Graha Asri Cikarang yang menolak penyesuaian tarif PDAM, akan segera saya sampaikan langsung kepada Direktur PDAM Tirta Bhagasasi.

Begitu juga dengan keluhan masyarakat perumahan Graha Asri terkait pelayanan PDAM yang dianggap tidak berpihak kepada masyarakat juga akan langsung direspon.

"Seharusnya PDAM Tirta Bhagasasi memberikan pelayanan yang baik dahulu kepada masyarakat. Kalau soal penyesuaian tarif, saya rasa masyarakat tidak akan keberatan, tetapi kalau pelayanan sudah tidak baik namun tarif tetap naik, ini tidaklah seimbang," ujar Holik.



Rep : Ahim
Red : Ramdhan