Targetkan 2030 Indonesia Menjadi Negara Maju -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Targetkan 2030 Indonesia Menjadi Negara Maju

, 11/13/2020 01:07:00 PM

 

Gambar salah satu objek wisata di Jawa Timur, Pantai Gili Labak (Foto: Istimewa)


VNN.co.id, Surabaya- Indonesia akan diprediksi menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian tinggi di dunia pada tahun 2030 mendatang. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki daya tarik luar biasa, khususnya dalam bidang industri pariwisata. Begitu banyak pariwisata di Indonesia yang bahkan sudah dikenal dunia. Salah satu wilayah pariwisata adalah Jawa Timur. Banyak potensi wisata di Jatim yang sudah dikenal dunia, tetapi juga masih banyak objek wisata yang terpendam.

Dibawah pimpinan Pemprov Jatim pada periode 2019-2024, sangat memprioritaskan pembangunan dalam sektor pariwisata.

Menurut Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa wisata adalah salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. ”Sebab, pariwisata adalah salah satu magnet yang bisa mendongkrak perekonomian. Tak hanya untuk Jatim, tapi juga nasional,” ujar Khofifah.

Lebih lanjut, salah satu yang akan dikembangkan adalah kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS). Sejumlah pembangunan telah dipersiapkan. Di antaranya, pembuatan cable car atau kereta gantung. Rencana awal, dibangun mulai dari puncak B-29 menuju B-30. Selain itu, sejumlah fasilitas tambahan juga akan dibangun. Salah satunya adalah penataan jalan. Targetnya, TNBTS akan menjadi ’’Bali Baru’’ di Indonesia.

Termasuk wilayah potensi wisata di kawasan tapal kuda Jatim (Lumajang sampai Banyuwangi). Selain itu yang menjadi fokus potensi pariwisata selanjutnya adalah membenahi koneksi enam daerah yang berada di kawasan lingkar Gunung Wilis. Diantaranya Kediri, Trenggalek, Tulungagung, Madiun, Ponorogo, dan Nganjuk. Kemudian mengembangkan pula sektor transportasi laut, yakni dari kawasan kepulauan Madura sampai Bawean.

Semua proses pembangunan ini juga melibatkan warga Jatim, seperti yang dikatakan oleh orang nomor satu di Jatim ini.  ”Konsep pembangunannya melibatkan masyarakat,” pungkas Khofifah.

Red: Nabilla

TerPopuler

close