Kini Pukul :

Nasib Keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN

Negara Timor Leste .


Vnn.co.id, Timor Leste - Indonesia adalah salah satu negara yang mendirikan ASEAN yang saat  ini adalah negara yang sangat mendukung penuh Timor Leste agar dapat masuk menjadi anggota  ASEAN.

Permohonan Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN sudah dikemukakan sejak tahun 2011, namun belum juga disetujui oleh seluruh anggota negara ASEAN. Memang ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh Timor Leste, meski salah satu syaratnya yaitu adanya kedutaan besar di seluruh negara Asia Tenggara yang sudah dipenuhi oleh Timor Leste.

Timor Leste masih berusia 16 tahun, masih perlu membangun pondasi bangsa,  politik  bangsa,  hal ini diakui oleh Timor Leste  bahwa belum siap untuk menjadi  anggota sebagai negara ASEAN.

Saat ini, Timor Leste  terus berjuang agar bisa menjadi anggota Asean karena agar mendapat perlindungan dari ancaman serta menyadari pentingnya disertifikasi ekonomi membuka perbatasannya untuk pariwisata juga perbatasan lainnya. Mengingat sampai saat ini pendapatan andalan Timor Leste hanya dari minyak yang kemungkinan akan kering di tahun 2022.

Timor leste  masih akan terus bermimpi menjadi anggota ASEAN serta berusaha keras agar keluar dari kategori negara miskin. 

Sumber Pos.kupang.com

Penulis : Handayani

Editor : Mega