Kini Pukul :

Ini Inisiatif Program Kerja Cabup-Cawabup Tangani Banjir Sidoarjo

Paslon Cabup-Cawabup Sidoarjo Gus Muhdlor-Subandi saat menjelaskan program penanganan banjir Sidoarjo, Sabtu (31/10/20).


Vnn.co.id, Sidoarjo - Sejumlah kawasan di Kota Delta kerap kali dilanda banjir. Apalagi di musim hujan seperti ini. Hal ini menyita perhatian paslon Bupati-Wakil Bupati Sidoarjo 2020 Achmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-Subandi untuk menyiapkan sejumlah program agar kota ini bebas dari banjir.

Penanganan yang akan dilakukan seperti dalam program yang dicanangkan, meliputi revitalisasi sungai, penyediaan ruang publik bagi masyarakat (taman), ruang terbuka hijau (RTH) sebagai sarana destinasi publik, RTH sebagai ikon Kota Sidoarjo, mempercantik hutan kota dan managemen daur ulang sampah terintegrasi.

Hal ini merupakan upaya untuk mengatasi banjir yang sering melanda kala musim penghujan datang. Gus Muhdlor menambahkan, soal penanganan banjir ini tentunya harus dilakukan revitalisasi sungai-sungai yang ada di Sidoarjo. Revitalisasi sungai akan diarahkan pada upaya pengerukan secara berkala. Tujuannya adalah untuk menjadi penampung air kala hujan datang, sehingga meminimalisir terjadinya banjir.

Pengerukan yang diambilkan dari anggaran APBD, harus sesuai dengan perencanaan yang ada, dan pelaksananya tidak boleh menyalahi aturan. Artinya biaya yang dianggarkan sesuai dengan kebutuhan, dan pelaksana proyek juga menjalankan kewajibannya secara. Jika pengerukan, harus ada bukti tanah lumpur yang dikeruk, diangkut, dan ditempatkan sesuai perencanaan.

“Tidak boleh normalisasi sungai dengan sistem jus. Hanya terlihat airnya keruh kalau bekas di keruk, tapi bekas kerukan tidak ada. Sejenis diaduk saja. Maka nanti pelaksana proyek juga kita ajak untuk bekerja lebih baik demi kemajuan dan membangun Kota Sidoarjo,” tandas Gus Muhdlor, Sabtu (31/10/2020).

Red : Mega