Kini Pukul :

10 Cara Merawat Mobil agar Tahan Lama

Ilustrasi merawat mobil agar tahan lama (foto: Mega Insurance).


Vnn.co.id - Dengan merebaknya aktivitas sehari-hari yang semakin padat, dtambah cuaca yang ekstrem akan membuat mobil beserta komponen-komponen di dalamnya bekerja lebih keras. Apabila kita tidak melakukan perawatan yang baik, maka bisa dipastikan bahwa bobil tak akan bertahan lama.

Agar hal itu tidak terjadi dan mobil milik kita bisa bertahan lebih lama atau berumur panjang, sebagai pemilik yang baik kita dituntut untuk memperhatikan kondisi dan perawatan mobil kita. Siapa sangka bahwa perhatian dan perawatan yang baik akan berdampak baik pula untuk pemiliknya (kita), seperti keamanan, meningkatnya performa mobil, menambah nilai jual, mencegah perbaikan yang memakan biaya besar, dan meminimalisir kemacetan fungsi pada mesin secara mendadak (di tengah jalan, misalnya).

Berikut Vnn.co.id rangkumkan tips perawatan mobil agar menghasilkan kendaraan yang tahan lama;


Membaca Buku Manual

Informasi perawatan mobil mungkin bisa didapatkan dari beberapa orang. Namun, belum tentu sesuai dengan kendaraan kita. Oleh sebab itu, sebelum membawa kendaraan untuk perawatan tak ada salahnya membaca buku manual terlebih dahulu. Sehingga kita memiliki pengetahuan dasar ketika sesuatu dilakukan pada kendaraan.

Mengganti Oli dan Filter Tepat Waktu




Langkah selanjutnya yang penting kita lakukan adalah mengganti oli mobil dan filter sesuai waktunya. Sebagai bagian penting yang dimiliki kendaraan, oli berfungsi untuk mengurangi gesekan antar komponen, pendingin, peredam getaran, pembersih kotoran, hingga antikarat di dalam mesin. Oli yang bekerja terus menerus akan terekspos oleh udara dan panas sehingga memotong daya pakainya. 
 
Jika jadwal ganti oli sudah tercapai, ada baiknya untuk melakukan penggantian oli mobil. Umumnya, jadwal ganti oli mobil disarankan saat mencapai 10 ribu kilometer. Namun, banyak bengkel menyarankan setiap 10 ribu kilometer. Banyak juga bengkel yang menyarankan untuk ganti oli setiap 5 ribu kilometer jika setiap harinya berkutat dengan kemacetan dan kondisi jalanan yang tidak normal, sehingga jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil. Solusinya adalah menggunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. 

Memerhatikan Arti Lampu Indikator

Lampu indikator adalah sistem pengingat yang mudah dikenali bila kita benar-benar mengetahui fungsinya. Misalnya, lampu mesin servis di dasbor, lampu indikator kerusakan, lampu peringatan rem, lampu peringatan cairan pendingin, dan banyak lagi.

Memastikan Air Radiator selalu Terisi

Kita perlu memastikan air radiator selalu terisi secara berkala dan jangan sampai kehabisan. Salah satunya ialah menghindari mesin mobil overheat, sebab air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja. Pastikan memakai cairan radiator atau coolant yang direkomendasikan. Cairan coolant ini memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator tetap bersih dan awet. 

Jangan lupa juga untuk mengecek jenis cairan lain yang dibutuhkan mobil, seperti power steering dan rem. Selain itu, jika biasa menggunakan air wiper, maka isi tabung air wiper dengan air bersih saat sudah mulai habis.

Memerhatikan Aki Mobil

Tiga hal yang harus diperhatikan dalam merawat aki adalah : ketinggian air, tegangan dan kebersihan kutub-kutubnya. Pastikan air aki selalu berada di atas garis terendah dan di bawah garis tertinggi, tegangannya tetap di angka 12 volt dan kutub-kutub aki yang sering kotor karena reaksi kimia senantiasa dibersihkan.





Memilih Bahan Bakar DYNALEX


Bahan bakar memegang peranan penting untuk meningkatkan performa kendaraan, terutama mobil. Bukan hanya nilai oktannya saja yang perlu Anda perhatikan melainkan teknologi yang dimiliki dari BBM tersebut. Sebab bahan bakar yang baik itu tidak hanya mampu membersihkan dan melindungi mesin tetapi juga meningkatkan performa mesin lebih optimal.

Shell V-Power dengan teknologi baru DYNAFLEX terbukti memiliki 3x lebih banyak molekul pembersih yang mampu membersihkan endapan dan mengurangi gesekan hingga 80 persen sehingga performa mesin akan lebih optimal. Selain itu, teknologi DYNAFLEX membuat gesekan antara piston dan dinding silinder diminimalisir sekecil mungkin sehingga sangat efektif untuk perawatan mesin kendaraan termasuk memacu performa kendaraan dapat melaju dengan mulus. Berkurangnya jatah perawatan mobil, memaksimalkan kinerja bahan bakar, dan performa mesin lebih optimal adalah turunan dari efisiensi yang bisa didapat jika mobil kita menggunakan Shell V-Power.  

Rutin Memanaskan Mesin


Setiap mesin mobil dilengkapi dengan pelumas, yang berguna sebagai pelapis saat komponen-komponen mesin bergesekan. Agar sebaran pelumas merata, mesin harus dipanaskan terlebih dulu sebelum digunakan.  

Kita perlu memanaskan mobil sesuai pemakaiannya. Jika jarang dipakai, pemanasannya harus lama. Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas. Jika kendaraan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka pemanasan mobil dapat dilakukan dengan cepat.  

Memanaskan kendaraan sangat berkaitan dengan awet atau tidaknya kendaraan. Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari beban yang tiba-tiba dan pada akhirnya mobil bisa lebih cepat awet. Sambil mobil dipanaskan, kita dapat mengecek kondisi ban dan kelengkapan lain, seperti lampu-lampu dan kopling.


Mempertahankan Putaran di Bawah 3.000 rpm


Ring piston perlu saling mengunci dengan lubang silinder dengan kencang. Ingatlah bahwa ring piston diperlukan mencegah kebocoran oli. Jika mesin terlalu banyak memutar, itu dapat mengganggu keseluruhan proses mesin.




Memeriksa Ban

Sebagai kompenen penting dalam aspek keselamatan pengendara, memeriksa ban adalah hal yang wajib dilakukan. Mulai dari memeriksa tekanan hingga kedalaman tapak ban. Jadi, biasakanlah untuk sering memeriksa ban setiap kali akan berkendara, mengingat ban kempes jadi salah satu akibat kecelakaan yang cukup sering terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk merotasi ban agar keausannya merata.

Mengunjungi Dealer Resmi dan Terpercaya

Poin penting dari perawatan mobil adalah menyerahkan pada ahlinya. Mobil membutuhkan sentuhan mekanik ahli secara berkala agar tetap optimal. Datang ke bengkel tidak harus untuk servis besar, kita juga bisa melakukan tune up yang berarti servis ringan untuk menjaga stabilitas performa mobil. Namun, kalau mobil kita sudah memakai bahan bakar berkualitas seperti Shell V Power, rasanya servis ringan tak harus rutin dilakukan karena bahan bakar berkualitas baik turut merawat mesin setiap hari. Mempercayakan mobil kesayangan kepada dealer resmi dan bengkel terpercaya untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya. Kita juga bisa berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada mobil hingga waktu saat melakukan penggantian spare part.





Red : Mega