Kini Pukul :

Seorang Kakek Menafkahi 7 Anak Yatim Piatu Dengan Jualan Telur Dan Bakpia Keliling

Cuitan viral pedagang keliling nafkahi anak yatim piatu - (Sumber : Twitter @hayitstika)

Vnn.co.id, Banjarmasin - Sebuah utas yang membagikan momen mengharukan seorang kakek penjual telur asin dan bakpia keliling viral di media sosial Twitter.

Utas ini dibuat oleh akun Twitter @hayitstika pada Minggu (11/10/2020).

Pada unggahannya, akun @heyitstika berkicau, "PLEASE TWITTER BENER BENER KUDU DO YOUR MAGIC."

Ia kemudian menceritakan tentang sosok penjual ini. Namanya adalah Kong Aseng dan saat ini sudah berusia 78 tahun. Pedagang keliling ini, kata dia, sudah tidak memiliki keluarga lagi dan merupakan bapak dari tujuh anak yatim piatu.

Pengunggah cerita juga menjelaskan kronologi pertemuannya dengan Kong Aseng.

"Aku td lagi jalan kaki pulang dari cari makan disekitaran Jl. Jend. A.Yani KM 3,5 Banjarmasin, terus ngeliat bapak bapak lagi jualan sesuatu di sepedah ontelnya. Ternyata bapaknya jual Bakpia dan telur asin. Jadilah aku beli telur asinnya sambil sedikit ngombrol ngemper di trotoar," jelasnya.

Diketahui melalui utas ini, sosok Kong Aseng hidup sendirian di Banjarmasin. Istrinya telah meninggal dunia sejak 19 tahun yang lalu.

Pembuat utas ini pun menjelaskan bahwa penjual telur asin dan bakpia keliling ini aslinya berasal dari Balikpapan, tetapi sudah 60 tahun ini pindah ke Banjarmasin. Ia berjualan keliling dari pukul 8 pagi hingga 12 malam.

"Kong Aseng juga cerita kalau dia jualan juga buat nafkahi 7 anak yatim. Emang masih banyak orang baik di dunia woy! Kong Aseng tinggal di daerah sekitar Kahuripan," terang @heyitstika.

Akun @heyitstika mengatakan, rute jualan Kong Aseng ini ketika pagi hingga sore di sekitar Duta Mall hingga BRI Ayani. Kemudian jika sudah sore, Kong Aseng pindah ke Giant SPM Banjar KM 5,5.

Pada akhir utasnya, @heyitstika kembali menegaskan bahwa dirinya memohon kepada warganet yang berdomisili di Banjarmasin untuk membantu melarisi dagangan dari Kong Aseng.

"PLEASE BANGET.. Buat temen temen yg domisili Banjarmasin bantu ngelarisin dagangan kong Aseng biar cepet abis, cepet balik ke rumah dan cepet istirahat. Atau buat temen2 yg domisili diluar banjar bantu RT dan share dagangan kong Aseng biar temen2 kalian brgkali ada yg domisili sini bisa tau dan ikutan beli," pungkasnya.

Unggahan ini pun kemudian menuai banyak respons dari warganet. Mereka turut mendoakan agar Kong Aseng sehat selalu.

"Jauhhhh, gue doain aja si bapaknya semoga laris bgt & selalu ketemu org baik," tulis akun @xxzerozeko.

"Semoha nnti ketemu. Soalnya aku dan paksu suka telor asin. maaciy ya infonya," cuit akun @maukayaraya.

"Semiga jualan kong aseng laku semua ... btw udah di banjar aja nih kak... kmren keknya masih di area jatim deh," tambah akun @ketan_polos.

Selain itu, akun @syaifuddinablfd juga turut berkomentar, "Semoga sehat selalu kong, dan diberikan rezeki yang barokah."


Sumber : suara.com
Editor : Ayu