Kini Pukul :

Karang Mukti, Desa ke-2 Di Kabupaten Bekasi Salurkan BLT Dana Desa Pada Warga

Penyaluran BLT Dana Desa Karang Mukti


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang bersumber dari  Anggaran Dana Desa Karang Mukti Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Jawa Barat mulai disalurkan, Jumat (15/05/2020). Bantuan sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan, April, Mei dan Juni ini menyasar untuk 421 Kepala Keluarga.

Bantuan yang disalurkan langsung kepada Penerima BLT di Desa Karang Mukti yang bekerjasama dengan Bank Jabar Banten (BJB) diberikan ATM oleh pegawai Bank kepada penerima BLT. untuk selanjutnya tinggal mengambil di mesin ATM terdekat untuk dapat mengambilnya secara langsung.

"Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini bersumber dari Dana Desa (DD) Karang Mukti sebesar 35%. Adapun besaran BLT sudah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Desa Nomor 6 Tahun 2020 yakni sejumlah Rp 600.000 per Kartu Keluarga (KK). Sebanyak 421 Kepala Keluarga terdampak pandemi Covid-19 Di Desa Karang Mukti dan sesuai kriteria yang sudah ditentukan, menerima uang tunai senilai Rp 600.000 per KK selama tiga bulan, April, Mei dan Juni",ujar Kepala Desa Karang Mukti, Sumardi saat memantau langsung Penyaluran BLT di Aula Desa.


Ini semua hasil kerja keras semua pihak, mulai dari BPD, Aparatur Desa, RT, RW, LPM, Karang Taruna dalam membantu proses data agar tidak tumpang tindih sehingga dalam proses pengelolaan BLT Dana Desa agar dapat segera terealisasi.

Sumardi juga menjelaskan Keluarga penerima manfaat BLT Dana Desa ini adalah masyarakat yang kehidupan ekonominya terdampak pandemi Covid-19. Namun, mereka tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi basis data penerima bansos dari Kementerian Sosial. Mereka juga bukan keluarga penerima bantuan Program Keluarga Harapan ataupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi.

Selanjutnya setelah Data penerima BLT Dana Desa sudah diverifikasi dilanjutkan dengan Musyawarah Khusus yang dihadiri para Tokoh Masyarakat, Agama maupun Pemuda sebagai bentuk Transparansi penerima BLT di Desa Karang Mukti. 

Sumardi berharap masyarakat penerima manfaat BLT Dana Desa bisa menggunakan uang tersebut dengan bijak. Masyarakat harus memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pokok untuk mempertahankan ketahanan gizi keluarga sehingga mampu menghadapi pandemi Covid-19 dengan baik.


Salah satu penerima BLT Dana Desa Karang Mukti, Sarbinih mengatakan bahwa dirinya sehari-hari mencari Nafkah di Jakarta, namun adanya Pademi Covid-19 disuruh pulang dan Akhirnya tidak bisa ke Jakarta lagi sejak 2 bulan lalu 

"Alhamdullilah Terima Kasih Kepada Pemerintah Desa Karang Mukti, sudah meringankan beban Ekonomi keluarga melalui Uang BLT ini, Saya sangat berterima kasih",ucapnya singkat

Seementara itu salah satu Staff Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi saat memantau langsung pembagian BLT Dana Desa Karang Mukti membenarkan saat ditanya wartawan bahwa Desa Karang Mukti, Desa ke-2 Di Kabupaten Bekasi penyaluran BLT setelah Launching Pertama Desa Laban Sari Kecamatan Cikarang Timur.


Rep : Ahim
Red : RMD

No comments