Kini Pukul :

Tingkatkan SDM Pemuda, Karang Taruna Desa Cileungsi Menggelar Diskusi Publik

Para Narasumber Kegiatan Diskusi Publik, H. Beni Sopian (kiri) Haris Pertama, S.H (tengah baju biru) Nafizul Alhafiz Rana (tengah baju batik) dan Ezi Fauzi Abdilah selaku moderator (kanan) 
Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Dalam rangka memperkuat peranan pemuda dalam membangun Sumber Daya Manusia, Karang Taruna Desa Cileungsi, hari ini (Minggu, 4/8/19) menggelar Diskusi Publik dengan tema "Pentingnya Peran Pemuda Dalam Membangun Desa" yang bertempat di Aula Kantor Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

Dalam Diskusi Publik ini, menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yaitu, Nafizul Alhafiz Rana, Ketua Umum Presidium Bogor Timur, Haris Pertama, S.H, Ketua Umum DPP KNPI, Syaripudin, S.Hi, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cileungsi, dan H. Beni Sopian, Pembina Karang Taruna Desa Cileungsi. 

Pada sambutan singkatnya, Hardi Riswandi, Ketua Karang Taruna Desa Cileungsi mengatakan bahwa pemuda itu dijadikan tongkat. 

"Bisa tidak sebuah Desa maju tanpa peran pemuda. Pemuda harus siap membangun daerahnya, khususnya pemuda Desa Cileungsi ini," ungkapnya. 

H. Beni Sopian, Pembina Karang Taruna Desa Cileungsi bersama Haris Pertama, S.H, Ketua Umum DPP KNPI
Sementara itu, Pembina Karang Taruna Desa Cileungsi, H. Beni Sopian mengatakan, "bahwa Desa Cileungsi itu minus Sumber Daya Alam, tapi tidak dengan Sumber Daya Manusianya."

"Di sini (Desa Cileungsi) banyak orang-orang yang berkompeten untuk membangun kemajuan Desa," terangnya. 

H. Beni juga menambahkan, "kita itu harus bermanfaat pada diri sendiri, kalau sudah bermanfaat untuk diri sendiri, baru selanjutnya bermanfaat untuk lingkungan."

Selanjutnya, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cileungsi, Syaripudin, S.Hi dalam paparannya mengatakan bahwa Karang Taruna harus sering bersinergi dengan Kepala Desa dan BPD untuk menggali potensi yang ada di Desa. 

Foto Bersam Pengurus Karang Taruna Desa Cileungsi 
"Karang Taruna bisa menggali potensi apa saja yang ada di Desa dan memanfaatkan anggaran demi kemajuan Desa," ucapnya. 

"Karang Taruna bisa berperan dalam pembangunan Desa melalui pengajuan kegiatan agar dianggarkan di APBDes," lanjut Syaripudin, S.Hi.

"Karang Taruna bisa menjadi bagian Program Desa di Bidang Pemberdayaan," tandasnya. 

Penyerahan Plakat kepada Narasumber 
Haris Pertama, S.H., Ketua Umum DPP KNPI, menyampaikan tentang visi misi pemuda dalam pentingnya peran pemuda dalam membangun suatu daerah. 

"Majunua sebuah daerah, itu tergantung bagaimana kualitas Sumber Daya Pemuda yang ada di daerah tersebut," jelasnya. 

"Bukan hanya infrastruktur, infrastruktur hanya bagian ke sekian dalam sebuah pembangunan daerah, yang paling utama adalah pembangunan Sumber Daya Pemudanya, Sumber Daya Manusianya," pungkas Haris Pertama, S.H., Ketua Umum DPP KNPI. 

Sesi Foto Bersama, Panitia, Narasumber dan Peserta Diskusi Publik
Pada akhir acara, Ezi Fauzi Abdilah, selaku moderator, menyampaikan kesimpulan hasil dari Diskusi Publik ini. 

"Sebaik-baiknya manusia yaitu manusia yang bermanfaat.
Dengan adanya wadah Karang Taruna Desa Cielungsi menjadi tempat bagi para pemuda khususnya Desa Cileungsi dapat memberikan kritik-kritik yang membangun, memberikan usulan-usulan, gagasan atau konsep kepada pemerintah Desa Cileungsi dalam perencanaan-perencanaan yang dibuat oleh pemerintah Desa Cileungsi bertujuan untuk membuat suatu kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan potensi SDM Pemuda."

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai kalangan, yaitu anggota Karang Taruna Desa Cileungsi, Mahasiswa, LSM/Ormas dan masyarakat sipil. 

Rep: ASK
Red: JA

No comments