Kini Pukul :

Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Kelembagaan BPD

Tarsan Hermawanto, S.Pd.i.,M.Si, Ketua Forum BPD Kec. Serang Baru saat memberikan sambutan dalam kegiatan Bimtek F-BPD Kec. Serang Baru di Hotel Panorama - Bandung. Sabtu (13/7/19)
Vnn.co.id, Bandung - Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Se-Kecamatan Serang Baru gelar Bimbingan Teknis (Bimtek), Sabtu-Minggu (13-14/7/2019) di Hotel Panorama Lembang Bandung Jawa Barat.

Dalam Kesempatan itu Kepala Bidang (Kabid) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Bekasi, Beni Yusnandar dalam memberikan materinya menyampaikan di hadapan peserta Bimtek bagaimana BPD dalam bekerja sesuai tupokisnya.

"Berikan pengawasan kinerja kita terhadap Pemerintah Desa, bekerja sesuai tupoksinya agar tidak terasa berat kan sudah ada bidang-bidangnya di BPD",ucapnya

Beni Yusnandar, Kabid DPMPD Kab. Bekasi saat memberikan materi dalam kegiatan Bimtek F-BPD Kec. Serang Baru di Hotel Panorama - Bandung. Sabtu (13/7/19)
Beni juga menegaskan untuk selalu intens komunikasi dengan Pemerintah Desa, BPD Bidang Pembangunan komunikasi dengan Kaur Pembangunan Desa, BPD Bidang Pemerintahan Komunikasi Kasi Pemerintahan Desa, dan seterusnya.

"Kalau semua itu sudah dijalankan tidak ada yang berat semua akan teras ringan",tegasnya

Kalau hubungan sudah baik, Pemerintah Desa bisa melakukan harmonisasi dan menyerap aspirasi masayarakat melalui lembaga BPD.

Dirinya juga menekankan Jangan sampai Wartawan dan LSM malah lebih tahu di banding BPD, kan gak lucu. jangan sampai kita kerjanya ketika pencairan anggaran aja.sindirnya

"Ketika ditanya wartawan atau LSM terkait kerjaan didesa tidak tahu, inget BPD harus tau".

"BPD memiliki peran yang strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Seiring dengan meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus terus ditingkatkan untuk memperkuat fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Desa", Ucap Ketua F-BPD Kecamatan Serang Baru Tarsan Hermawanto, S.Pd.i.,M.Si.

Dengan Bimtek peningkatan kapasitas semacam ini diharapkan BPD bisa dengan optimal melakukan fungsi-fungsinya sebagai mitra Pemerintah Desa untuk mengawal jalannya pembangunan di desa," tandasnya


Rep : AHIM
Red : JF

No comments