Mir Akui RC213V Masih Lemah: “Ada Perubahan, Tapi Bukan Revolusi!” -->
SRU 2025 Lebaran 2025
IKLAN PENERJEMAH HUT RI 2023 VNNCOID

Mir Akui RC213V Masih Lemah: “Ada Perubahan, Tapi Bukan Revolusi!”

, 6/17/2025 11:00:00 AM

 


VNN.co.id Honda memperkenalkan swingarm serat karbon terbaru dalam tes pasca-balapan MotoGP di Aragon. Komponen ini diuji untuk meningkatkan cengkeraman ban belakang dan akselerasi.


Joan Mir, pembalap HRC, mengaku puas dengan langkah kecil yang ditunjukkan swingarm baru tersebut. Namun, ia menegaskan kelemahan utama RC213V tetap pada kecepatan maksimal.


“Kami merasakan peningkatan kecil, tapi ini bukan revolusi,” ujar Mir.


Swingarm serat karbon ini memberikan cengkeraman lebih baik di tikungan. Mir juga menyebut tidak ada efek negatif dari komponen baru ini.


Namun, tes pada hari Senin sering kali menunjukkan cengkeraman lintasan yang tinggi. “Saya harus hati-hati menilai performa motor karena kondisi lintasan sangat baik,” kata Mir.


Menurut laporan dari CRASH, Mir mencatat waktu tercepat di antara pembalap Honda di Aragon. Ia berhasil menempati posisi 10 dengan catatan waktu pagi hari.


Meski begitu, kecepatan tertinggi motor Honda masih tertinggal jauh. Mir memperkirakan defisit kecepatan mencapai 10 km/jam di lintasan lurus.


“Saya pakai ban medium dan mencatat 46,4 detik dengan 8-9 putaran, itu mengesankan,” ungkapnya.


“Tapi kenyataannya, kami kehilangan 10 km/jam di lintasan lurus. Itu berarti dua sampai tiga persepuluh detik hilang begitu saja!” tambah Mir.


Tiga pembalap Honda, termasuk Mir, Johann Zarco, dan Somkiat Chantra, berada di posisi terbawah pada tabel kecepatan di Aragon. Ini menjadi tantangan besar jelang balapan di Mugello.


Lintasan Mugello, dengan lintasan lurus tercepat di MotoGP, akan menguji kelemahan Honda. Mir berharap tikungan cepat di akhir lintasan bisa sedikit membantu.


“Di Mugello, lintasan lurus dimulai dari gigi tiga, mungkin tidak terlalu buruk,” kata Mir optimistis.


Sementara itu, rekan setim Mir, Luca Marini, masih absen karena cedera. Ia mengalami luka saat menguji superbike di Jepang.


Honda kini fokus memperbaiki kecepatan mesin. Mir menegaskan, peningkatan di salah satu area, baik akselerasi atau kecepatan maksimal, akan sangat signifikan.


“Jika kami bisa memperbaiki salah satu dari dua hal ini, saya akan senang,” tutup Mir.

TerPopuler

close