Angin Puting Beliung Terjang Sejumlah Desa di Tambun Selatan, Disperkimtan Kab. Bekasi Tinjau ke Lokasi -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Angin Puting Beliung Terjang Sejumlah Desa di Tambun Selatan, Disperkimtan Kab. Bekasi Tinjau ke Lokasi

, 3/13/2023 10:32:00 AM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Angin puting beliung menerjang beberapa desa di Kecamatan Tambun Selatan hingga menyebabkan beberapa kerusakan pada rumah warga, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) langsung meninjau lokasi korban angin puting beliung di Kampung Buwek, RT 03/02, Desa SumberJaya, Kecamatan Tambun Selatan.

Sekretaris Disperkimtan, Nur Chaidir mengatakan, kedatangan Disperkimtan untuk memastikan titik-titik dan lokasi rumah yang terkena bencana angin puting beliung.

"Jadi untuk memastikan ada berapa jumlah rumah yang rusak? kondisinya seperti apa? kita coba verifikasi fakta aktual di lapangannya. Mana saja yang masuk kategori rusak sedang dan parah," kata Nur Chaidir di lokasi, Jum’at (03/03/2023).

Chaidir mengatakan, setelah dilakukan verifikasi, selanjutnya Disperkimtan akan mengolah dan diproses kaitan dengan puting beliung yang ada di Desa Sumber Jaya ini.

"Mudah-mudahan segera teratasi dan tidak terlalu berkepanjangan. Mudah-mudahan segera ada penyelesaian untuk kaitan korban puting beliung ini," katanya.

Camat Tambun Selatan, Junaefi menjelaskan, ada tiga desa di Kecamatan Tambun Selatan yang terkena musibah angin puting beliung, yaitu di Desa Sumber Jaya kurang lebih ada 154 rumah, Desa Tridaya Sakti ada 70 rumah dan di Desa Mangunjaya ada 102 rumah.

"Jumlah tersebut ada yang termasuk rusak berat dan ringan, tapi rata-rata kerusakan ringan dan alhamdulilah tidak ada korban jiwa," kata Junaefi.

Junaefi mengatakan, pasca kejadian angin puting beliung pihaknya langsung melakukan upaya-upaya membersihkan puing-puing pohon yang menimpa rumah warga di bantu TNI, Polisi, Perangkat Desa setempat dan juga RT/RW.

"Iya kita langsung melakukan pembersihan awal, mulai dari membersihkan pohon yang mengenai badan rumah. Untuk rumah yang roboh kita bereskan agar tidak menimpa rumah yang lainnya," kata Camat

Kepala Desa Sumber Jaya, Matam mengatakan, pasca angin puting beliung Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberjaya langsung melakukan inventarisir bersama RT/RW dan juga perangkat desa sumberjaya.

"Sampai sekarang Muspika, TNI, Polri masih berada di lokasi dalam rangka membantu warga yang terkena musibah angin puting beliung," terangnya.

Ia berharap kehadiran Disperkimtan yang meninjau lokasi puting beliung di desa sumber jaya ini, bisa membawa perubahan yang signifikan.

"Harapan kami dan warga khususnya yang terkena musibah angin puting beliung secepatnya bisa terealisasi. Karena ada rumah yang roboh dan juga kerusakan ringan langsung ditangani," pungkasnya.

Red : Ramdhan

TerPopuler

close