Masyarakat DKI Jakarta akan Dilarang Gunakan Air Tanah -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Masyarakat DKI Jakarta akan Dilarang Gunakan Air Tanah

, 10/07/2021 12:24:00 PM

 

Warga DKI Jakarta (Foto/Detik.com)


Vnn.co.id, Jakarta - Masyarakat di DKI Jakarta bakal dilarang menggunakan air tanah untuk minum. Jika masyarakat terus memakai air tanah, maka laju penurunan daratan di Jakarta akan semakin massif yang  membuat Jakarta semakin cepat untuk tenggelam.

 

Hal ini disampaikan oleh Irjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti yang mengatakan, konsumsi air tanah oleh warga membuat penurunan daratan Jakarta lebih cepat terjadi. 

 

"Kami harus menghentikan penggunaan air tanah di DKI Jakarta dan sekitarnya. Tentu untuk menjaga agar penurunan tanah di Jakarta tak terjadi kembali," kata Diana mengutip Antara, Selasa (5/10). 

 

Kebijakan dan kekhawatiran ini hadir karena seusai riset dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) yang menyebutkan bahwa daerah pesisir Jakarta akan tenggelam sepenuhnya dalam berpuluh-puluh tahun mendatang. Disebutkan juga bahwa bandara Internasional Soekarno-Hatta juga akan mengalami dampaknya.

 

Mengutip Asumsi.co, pemerintah menawarkan solusinya dengan membuat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional. Nantinya, masyarakat di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Karawang akan menggunakan air tersebut.

 

Pemerintah mencanangkan proyek tersebut akan kelar di tahun 2024, yang sumber airnya berasal dari bendungan Jatiluhur dan bendungan Karian.


Rep: Pranaja

Red: Mega

TerPopuler

close