Apa Alasan Orang Masih Percaya dengan Hantu hingga Saat Ini? -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Apa Alasan Orang Masih Percaya dengan Hantu hingga Saat Ini?

, 10/29/2021 08:30:00 PM

 

Liputan6

Vnn.co.id, Seni Budaya - Banyaknya budaya yang terdapat di Indonesia telah melahirkan banyak berbagai cerita rakyat, salah satunya adalah cerita hantu dan mitos yang masih sering kita dengar saat ini. Salah satunya cerita mengenai makhluk halus Nyi Blorong yang kisahnya masih dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa di era serba digital saat ini.


Nyi Blorong merupakan makhluk halus berwujud perempuan cantik dengan kulit bersisik emas. Diyakini ia bisa memberikan kekayaan bagi para pengikutnya dengan cara melakukan pesugihan.


Masyarakat Jawa masih mempercayai kisah ini karena pola pikirnya, khususnya untuk orang jawa, walaupun zaman sudah berganti dan terknologi yang berkembang semakin canggih, kisah Nyi Blorong dan kesaktiannya masih hidup atau masih dipercaya hingga sekarang.


Hal ini dikarenakan masyarakat Jawa masih hidup dalam pikiran teologis dan mitologis, artinya semua yang ada di sekeliling mereka harus dijelaskan dengan personifikasi atau meng-orangkan sesuatu yang pada dasarnya impersonal.


“Kalau dalam pandangan orang Barat, gaib itu, ya energi atau gelombang, kalau di sini belum bisa membuat abstraksi seperti, makanya orang di sini membuat personifikasi, yang gaib tadi dipersonifikasikan, diorangkan,” tutur Heddy seorang Guru Besar Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada

 

Apakah kalian masih percaya soal cerita hantu atau mitos yang kalian dengar?



Penulis: Canda Christie

Editor: Mega

TerPopuler

close