Seberapa Penting Belajar Bahasa Isyarat? Simak Manfaatnya! -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Seberapa Penting Belajar Bahasa Isyarat? Simak Manfaatnya!

, 9/24/2021 07:15:00 PM

pexels.com/cottonbro.

 

Vnn.co.id, Sosial - Komunikasi adalah komponen paling utama dan berpengaruh dalam kehidupan kita. Pada berbagai kasus, tak semua orang dapat berkomunikasi secara lancar melalui salah satu panca indra, mulut, bahkan tak dapat sama sekali. Kasus ini terjadi disebabkan karena dirinya mengidap tunarungu atau tunawicara. Meski demikian, ada bahasa isyarat yang dapat digunakan untuk menyampaikan dan menerima pesan kepada pengidap tunarungu dan tunawicara tersebut.


Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bahasa isyarat merupakan bahasa yang mengutamakan komunikasi manual, bahasa tubuh, dan gerak bibir. Bahasa ini umumnya perpaduan antara bentuk tangan, orientasi dan gerak tangan, lengan, tubuh dan ekspresi wajah guna mengungkapkan apa yang ada di pikiran atau mereka rasakan.


Lalu, kenapa kita perlu belajar? Ternyata, dengan belajar bahasa isyarat Sobat VNN.co.id bisa mendapatkan banyak manfaat. Hah, apa saja manfaatnya? Daripada penasaran, simak ulasan berikut!


1. Menambah Pengalaman dan Teman Baru


Ketika Sobat VNN.co.id menguasai bahasa isyarat, maka pertemananmu semakin luas. Sobat VNN.co.id bisa bercengkerama panjang lebar dengan semua teman tunarungu dan tunawicara yang ada. Bahkan dari cerita mereka, Sobat VNN.co.id bisa mendapatkan perspektif dan pengalaman baru, loh. Seru, kan.


2. Jadi Penyambung Lidah


Mungkin sebagian orang masih ada yang kesulitan memahami apa yang teman tunarungu dan tunawicara kita sampaikan. Nah, pada momen ini Sobat VNN.co.id bisa menjadi penyambung lidah agar orang lain menjadi mudah mengerti.


3. Pendukung Negara Ramah Difabel


Dengan belajar bahasa isyarat, Sobat VNN.co.id turut berkontribusi mendukung negara ini menjadi negara yang ramah kepada semua teman difabel kita, karena semua punya hak untuk memperoleh informasi yang ada.


4. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi


Belajar bahasa isyarat dapat membuat Sobat VNN.co.id lebih peka terhadap ekspresi wajah dan gerakan tubuh orang lain. Sobat VNN.co.id juga bisa menyosialisasikan pentingnya belajar bahasa isyarat, bukan hanya untuk penderita tunarungu dan tunawicara, bisa juga kepada orang normal. Dengan begitu, Sobat VNN.co.id tak perlu alat tulis untuk bisa saling berkomunikasi sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, dan kertas poin utama.


Adapun bahasa isyarat diduga dapat mempercepat kemampuan kerja otak terutama anak-anak untuk berbahasa dan berkata-kata. Bahkan, anak yang telah belajar bahasa isyarat diyakini memiliki IQ yang lebih tinggi.


5. Menjadi Poin Plus Dalam Dunia Kerja


Tak banyak orang mengetahui dan menguasi bahasa isyarat. Jika Sobat VNN.co.id belajar hingga memilki kemampuan berbahasa isyarat, hal ini bisa menjadi poin plus kamu di dunia kerja, loh. Karena kemampuan ini menjadi kelebihan yang bisa Sobat VNN.co.id tulis di Curriculum Vitae (CV). Rekruter menjadi lebih terkesan karena kemampuan yang Sobat VNN.co.id belum banyak dikuasi orang.


Penulis: Qorina Lois Fadilla

Editor: Mega

TerPopuler

close