Mengulas Cariu Yang Masuk Kedalam 7 Kecamatan Pemekaran Kabupaten Bogor Timur -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Mengulas Cariu Yang Masuk Kedalam 7 Kecamatan Pemekaran Kabupaten Bogor Timur

, 6/25/2021 11:30:00 PM

Gambar (Google).

Vnn.co.id, Bogor Timur - Bogor Timur adalah bagian dari wilayah yang berada di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat. Kabupaten yang memiliki 40 Kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 5 Juta jiwa ini tidak memiliki garis pantai.

Dari 40 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor salah satunya Kecamatan Cariu yang terletak di Bogor Timur.

Melansir situs Bogorkab.go.id, meneranglan bahwa awalnya Kecamatan Cariu terdiri dari 20 Desa, kemudian pada tahun 2004 Kecamatan Cariu dimekarkan untuk memudahkan akses dan proses pembangunan di semua sektor.

Kecamatan Pemekarannya yaitu Kecamatan Tanjungsari, saat ini Kecamatan Cariu membawahi 10 Pemerintahan Desa yakni:

BACA JUGA: CALON IBUKOTA BOGOR TIMUR PUNYA PASAR HEWAN

1. Desa Babakanraden

2. Desa Bantarkuning

3. Desa Cariu

4. Desa Cibatutiga

5. Desa Cikutamahi

6. Desa Karyamekar

7. Desa Kutamekar

8. Desa Mekarwangi

9. Desa Sukajadi

10. Desa Tegalpanjang

Kecamatan Cariu memiliki pasar tradisional yang berada dekat dari Kantor Kecamatan dan pusat pemerintahan Kecamatan.

Achmad Fathoni (Anggota DPRD Kabupaten Bogor) Saat Mengunjungi Wisata Green Canyon Cariu.

Selain dari itu, Kecamatan Cariu memiliki sejumlah wisata alam yang patut dikunjungi seperti Legok Jambu, Green Canyon Cariu, Bukit Malibo dan sejumlah wisata lainnya yang belum tereksplore oleh pemerintah maupun swasta.

Asal nama Kecamatan Cariu, diambil dari cerita turun temurun bahwa di Kecamatan Cariu ada pohon Cariu yang manfaat dan kegunaannya dapat digunakan untuk mengobati orang setelah melahirkan Pohon Cariu saat ini masih ada dan dapat ditemukan di Desa Buanajaya dan Desa Antajaya Kecamatan Tanjungsari.

Perlu pembaca ketahui, Kecamatan Cariu saat ini menjadi salah satu wilayah pertanian atau zona hijau dengan beragam hasil tani terutama padi dan palawija.

Sektor bisnis masih rendah karena belum adanya perusahaan besar berdiri dikecamatan ini sehingga sebagian besar usia produktif melakukan aktivitas kerja diluar Kecamatan, seperti ke Kecamatan Jonggol mau pun ke Kabupaten tetangga seperti Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Cianjur yang letaknya berdekatan.

Dalam hal kesehatan, pemerintah sudah mendirikan beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) disejumlah Desa untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Sedangkan Rumah Sakit saat ini belum ada di Kecamatan Cariu, sehingga untuk warga di Kecamatan Cariu sakit dan memerlukan penanganan  khusus dirujuk ke RSUD Cileungsi atau rumah sakit Swasta diluar Kecamatan.

BACA JUGA : DAFTAR RUMAH SAKIT DI BOGOR TIMUR BERIKUT NOMOR TELEPHONE.

Secara umum jumlah pemeluk agama terbesar Islam di Kecamatan Cariu, Adapun untuk selain agama Islam masih terbilang rendah.

Artikel ini admin buat untuk membuka informasi kepada seluruh masyarakat menjelang proses Pemekaran Wilayah Kabupaten Bogor Timur.

Seperti diketahui bersama, Kecamatan Cariu merupakan salah satu Kecamatan yang akan memisahkan diri dari Kabupaten Bogor (Kabupaten Induk) bersama 6 Kecamatan lainnya untuk menjadi Kabupaten Bogor Timur.

7 Kecamatan di Kabupaten Bogor Timur diantaranya:

1. Kecamatan Cariu

2. Kecamatan Cileungsi 

3. Kecamatan Gunungputri 

4. Kecamatan Jonggol 

5. Kecamatan Klapanunggal 

6. Kecamatan Sukamakmur 

7. Kecamatan Tanjungsari 

Dalam progresnya, data atau persyaratan Pemekaran tersebut sudah berada di Pemerintah Pusat untuk masuk kedalam pembahasan DPR-RI dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sebelumnya sudah di setujui oleh Bupati Bogor bersama DPRD Kabupaten Bogor dan Gubernur Jawa Barat bersama DPRD Provinsi Jawa Barat. 

Redaksi

TerPopuler

close