CDOB Bogor Timur, Ricky Kurniawan: Bogor Timur Layak Dimekarkan -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

CDOB Bogor Timur, Ricky Kurniawan: Bogor Timur Layak Dimekarkan

, 4/28/2021 04:22:00 PM

 

Peta Bogor Timur.

Vnn.co.id, Bogor – Pemekaran Bogor Timur sebagai Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDOB) yang baru saja digelar Sidang Paripurna Persetujuan Bersama di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat pada Jumat (16/4/21) lalu terus mendatangkan dukungan.


Tak hanya Bupati dan Gubernur Jawa Barat, sejumlah Anggota DPRD, salah satunya Ricky Kurniawan mengatakan bahwa Kabupaten Bogor, khususnya Bogor Timur layak dimekarkan.


Selain sebab jumlah penduduknya semakin meningkat, pelayanan terhadap masyarakat Bogor Timur masih sangat minim.


“Misalnya masih ada desa yang belum teraliri listrik. Padahal, daerah ini masih dekat atau menjadi penyangga ibu kota negara, yakni Jakarta,” tutur Ricky.


Ia juga meyakini apabila Kabupaten Bogor Timur berhasil didirikan, maka fokus pekerjaan pemerintah Kabupaten Bogor Timur terhadap pembangunan puncak dua bakal cepat terealisasi.


“Puncak dua, solusi untuk mengurangi kemacetan di puncak satu. Di puncak dua ada destinasi wisata baru, sehingga bisa mengurangi beban di puncak satu ang sulit untuk pelebaran jalan,” terangnya.



Selain itu, wakil rakyat di bawah naungan Partai Gerindra itu menyatakan bahwa pemekaran wilayah kota/kabupaten di Jawa Barat menjadi sebuah kebutuhan, salah satunya mengenai pelayanan terhadap masyarakat yang terkendala jarak, seperti pembuatan KTP. Di mana warga Cariu, misalnya harus menempuh jarak sekira 40 km untuk mengurus ke Kantor Disdukcapil di Komplek Pemkab Cibinong.


Ricky lalu mengingatkan bahwa proses pemekaran daerah ini masih cukup panjang, setelah pencabutan moratorium oleh Presiden RI berdasarkan masukan dewan pertimbangan otonomi daerah, maka akan ada tim independen sebagai penilai kelayakan menyandang status CPDOB yang nantinya dikonsultasikan kepada DPR RI atau DPD RI.


Sementara, Bupati Bogor Ade Yasin juga menyatakan dalam Sidang Paripurna Persetujuan Bersama CPDOB Kabupaten Bogor (16/4) bahwa pemekaran Kabupaten Bogor TImur sangatlah layak dan urgent untuk diwujudkan mengingat kepadatan penduduk yang mencapai 6 juta.


Red: Mega

TerPopuler

close