Kini Pukul :

Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan dan Antisipasi Karhutla, Ini Pesan Dandim Sintang


Dandim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan saat menghadiri rapat koordinasi antisipasi karhutla di Polres Sintang (VNN/Sandi) 


Vnn.co.id, Sintang - Memasuki musim kemarau tahun ini dan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Komandan Kodim 1205/Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menghadiri Rapat Koordinasi Kesiapan dan Antisipasi Karhutla di Polres Sintang pada, Kamis (18/02/2021).
Rapat tersebut membahas tentang rumusan membuat suatu rencana kesiapan dan antisipasi karhutla.

Dalam sambutannya, Letnan Kolonel Inf Eko Bintara Saktiawan mengajak masyarakat untuk memiliki pola pikir yang jernih agar dapat membuka lahan tanpa membakar, salah satunya kita dapat membuat pupuk (POC), karena dengan membakar dapat menyebabkan kabut asap, sehingga tidak baik untuk pernafasan.

"Negara tetangga saja bisa marah jika kabut asap yang dari negara kita sampai ke negara tetangga tersebut. Oleh sebab itu ditekankan kepada aparat desa untuk tetap melaksanakan pendampingan kepada warga yang pada hari tersebut akan membuka lahan dengan cara membakar agar tidak sampai menyebabkan asap yang berlebihan," ungkapnya.



Untuk itu, ia mengajak warga agar membuka lahan dengan cara yang mudah dan menghasilkan kualitas yang lebih dari lahan bakar sebelumnya, penghasilan lebih besar. "Caranya adalah dengan berladang tetap, gunakan pupuk "POC" dan membenahi media tanam dengan "BIOCAR" serta meningkatkan penjaminan Nutrisi/Unsurhara pada tanaman. Menurut saya hal tersebut lebih efektif dan berkualitas tinggi," tambahnya.

Ia berharap agar pemilik lahan tidak membakar lahan dengan serampangan. "Hewan dan tumbuhan adalah hiasan bumi, oleh sebab itu mari kita menjaga semesta dan alam kita supaya semua itu tidak punah," pungkas Dandim Sintang ini.



Sumber : Pendim 1205/Stg
Jurnalis : Muhammad Sandi
Editor : Ramdhan