Kini Pukul :

Fleets, Fitur Terbaru di Twitter


Fitur Fleets Twitter (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Fitur yang ditunggu-tunggu telah hadir, Twitter akhirnya merilis fitur Fleets secara global. Fleets merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah video pendek mirip Instagram Stories. Dari pantauan KompasTekno, pengguna Twitter di Indonesia, baik yang menggunakan platform Android maupun iOS juga sudah bisa menjajalnya. Beberapa pengguna memamerkan fitur baru Twitter itu dengan mengunggah tangkapan layar Fleet mereka ke linimasa.

Untuk mendapatkan fitur Fleet, pengguna harus memperbarui aplikasi Twitter di PlayStore atau App Store ke versi 8.71.0. Namun, jika beberapa pengguna belum mendapatkannya, kemungkinan besar fitur ini belum merata digulirkan.

Setelah di-update, Fleet akan muncul pada bagian atas layar. Tampilannya mirip Instagram Stories, di mana sisi paling kiri adalah ikon "tambah" (+) untuk membuat unggahan Fleet baru. Sementara sisi kanan adalah unggahan dari akun-akun yang diikuti dan akun mutual (saling mengikuti). Seperti Instagram Stories pula, pengguna cukup melakukan "tap" untuk melihat Fleets pengguna lain.

Konten yang bisa diunggah di Fleets Twitter bisa dibilang cukup lengkap meski belum terlalu kaya. Pengguna bisa mengunggah foto atau video yang diambil langsung atau disimpan di galeri ponsel. Namun, Fleet belum diperkaya stiker, GIF, ataupun filter penunjang estetika foto atau video.

Hanya ada pilihan untuk mengganti latar belakang foto saja. Foto bisa dihiasi dengan teks dan juga mention ke akun lain. Pengguna juga bisa mengunggah teks, lengkap dengan pengaturan tata letak paragraf, warna huruf, bold, dan background teks. Akan tetapi, jenis huruf yang tersedia secara bawaaan hanya satu dan belum ada pilihan jenis huruf lainnya. Setelah selesai membuat konten, ungah Fleet dengan mengetuk "selesai".

Pengguna juga bisa menanggapi Fleets orang lain dengan memberikan emoji, like, atau membalas dengan cara mengetuk Fleet dua kali. Setelah mengetuk dua kali, pengguna akan diarahkan ke pesan langsung (Direct Message) untuk membuat percakapan di sana. Selamat mencoba!


Rep : Ramadhan Hendro
Red : Ramdhan