Kini Pukul :

Anda Sulit Tidur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Sumber: news.harvard.edu

Vnn.co.id, Bekasi – Bagi sebagian orang, tidur bukanlah hal yang mudah dilakukan. Bahkan ada orang yang harus mengonsumsi obat tidur supaya bisa terlelap. Dengan ketergantungan terhadap obat, penderita mungkin akan mengalami masalah kesehatan lainnya. Kekurangan tidur dapat menyebabkan kesehatan dan konsentrasi seseorang menurun. Seharusnya, seseorang dewasa harus tidur selama 6 – 8 jam. Bagi seorang yang menderita insomnia, pasti tahu benar betapa menderitanya kurang tidur. 

Berikut ini beberapa penyebab seseorang sulit tidur: 

1. Apnea tidur. Penderita biasanya tidur dengan mengorok. Sebelum terlelap, penderita tertidur dalam keadaan rileks. Keadaan rileks ini menyebabkan jalan napas bagian atas mengempis dan menghentikan alur pernapasan. Akhirnya, penderita akan sontak terbangun dan nafasnya akan normal kembali. Orang yang menderita apnea tidur biasanya bangun berkali-kali sehingga waktu tidur mereka tidak optimal dan mereka cenderung merasa kelelahan sepanjang hari. 

 2. Masalah emosional.  Sering kali masalah emosional yang berat memaksa penderita untuk berpikir keras dan enggan untuk tidur. Orang yang depresi cenderung menghabiskan waktu istirahatnya dengan overthinking hingga lupa untuk beristirahat. Jika tidak teratasi, hal ini bisa menyebabkan seseorang terus-terusan sulit tidur. 

 3. Suhu tak cocok. Mungkin hampir semua orang pernah merasakan ini. Suhu udara yang terlalu panas sering kali membuat kita untuk bisa tenang. Sebagai hasilnya, kita tidak akan tertidur dan malahan mencari udara di luar. Selain itu, kesulitan tidur juga bisa muncul karena berbagai faktor seperti alas tidur yang kurang nyaman, adanya kebisingan atau getaran, penggunaan peralatan elektronik serta ponsel yang menimbulkan radiasi elektromagnetik, makanan dan minuman seperti kopi yang mengandung kafein. 

Bedasarkan Buku Seri Kesehatan Umum: Pencegahan Dini Gangguan Kesehatan (2005) oleh Dr. dr. Anies M.Kes PKK, terdapat beberapa tips untuk membantu tidur tanpa mengonsumsi obat-obatan: 

1. Tentukan waktu tidur. Pertama, tentukan waktu tidurmu. Jam tidur yang tidak menentu, akan membuat tubuhmu untuk tetap siaga. Jikalau kamu sudah menentukan waktu untuk tidur, otak kamu akan mengingatkan tubuhmu waktunya untuk istirahat 

 2. Jangan tidur siang. Bagi orang yang menderita kesulitan untuk tidur, tidur siang sangat tidak disarankan. Dengan tidur siang, tubuhmu bisa terjaga pada malam hari dan akhirnya sulit untuk memejamkan mata. 

 3. Hindari penggunaan ponsel sebelum tidur. Jangan gunakan alat elektronik sebelum tidur, apalagi berselancar di media sosial. Hal ini akan menarik perhatianmu berjam-jam dan akhirnya kamu kehilangan waktu tidurmu. 

 4. Olahraga atau relaksasi pada sore hari.  Olahraga dapat membantu Anda untuk mengatasi sulit tidur karena dengan olahraga, otot-otot Anda akan meregang. Lakukan olahraga pada sore hari namun harus 2-3 jam sebelum Anda tidur. Melakukan olahraga tepat sebelum tidur malah bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur. 

 5. Hindari konsumsi makanan manis dan kafein sebelum tidur. Makanan manis dan kopi akan membuat Anda terjaga, jadi hal ini harus dihindari untuk membuat Anda lebih mudah terlelap. 

 6. Mandi air hangat dan minum susu hangat. Dengan mandi air hangat atau minum susu hangat, otot-otot Anda yang kejang akan rileks. Sebagai hasilnya, Anda akan segera terlelap ketika menempel di kasur.

7. Kosongkan pikiran. Dengan memaksa otak Anda untuk terus berpikir, Anda akan cenderung kesulitan untuk mengantuk apalagi terlelap.

Penulis: Party Happy Septiani

Editor : Kana