Omah Joglo, Bangunan Khas Jawa Yang Bikin Kangen Kampung Halaman -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Omah Joglo, Bangunan Khas Jawa Yang Bikin Kangen Kampung Halaman

, 10/11/2020 11:58:00 AM
Joglo Utama Khas Jatinom, Klaten


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi -  Sebagai daerah yang memiliki banyak pendatang dari luar daerah, Kabupaten Bekasi dihuni oleh masyarakat yang memiliki beragam budaya, termasuk pendatang dari Jawa Tengah.

Bagi masyarakat perantau, pasti akan sangat merindukan suasana dikampung halaman. Namun, tidak perlu jauh-jauh untuk pulang ke kampung halaman jika ingin melepas rasa rindunya. Di Kabupaten Bekasi, kini sudah hadir bangunan yang bernuansa Jawa yaitu Omah Joglo.

Joglo Pendopo Yang Dibangun Oleh Pengrajin Dari Kudus, Jawa Tengah Dengan Konsep Ukiran Kudus


Omah Joglo dibangun sejak Januari 2019 dan mulai beroperasi pada Desember 2019 atas ide dari seorang pemilik Omah Joglo, H. Deden Z. M dan Ibu Rifka. Omah Joglo ini berlokasi di Desa Telajung Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

Bangunan yang mengadopsi Joglo dari Jatinom ini sama sekali tidak memiliki perubahan dan masih menggunakan ornamen kayu-kayu jati yang berusia lebih dari 100 tahun sebagai bahan utamanya, sehingga sangat melekat suasana khas Jawa. Omah Joglo memiliki Pendopo dan Musholla yang keseluruhannya menggunakan ukiran dan hiasan yang berasal dari Kudus, Blora dan Jogja.

Pemilik Omah Joglo, H. Deden Z. M dan Ibu Rifka ini meyampaikan bahwa Joglo ini dibangun atas dasar kecintaannya terhadap budaya Jawa. "Saya membangun rumah adat Joglo ini karena sangat suka dengan ukiran-ukiran kayunya dan kebetulan saya pun memang berasal dari Jawa. Maka dari itu saya ingin melestarikan budaya Jawa di Bekasi," ujarnya.



Tidak hanya untuk melestarikan saja, pemilik Omah Joglo juga membuka Omah Joglo sebagai gedung serbaguna yang dapat digunakan untuk kegiatan resepsi pernikahan, family gathering, dan beberapa kegiatan lainnya.

Setiap bangunan memiliki keunikan tersendiri, seperti joglo pendopo yang material kayu yang digunakannya adalah kayu lawas yang dibangun oleh pengrajin dari Kudus dengan mengusung konsep ukiran Kudus.

Musholla Bin H. Nibih, Bangunan Joglo Lawas Berasal Dari Blora Yang Berusia 100 Tahun


Adapun Musholla Omah Joglo yang dinamai Musholla bin H. Nibih itu merupakan bangunan joglo lawas yang berasal dari tanah Blora dan berusia 100 tahun.

Dengan segala keindahan unsur budaya Jawa yang terdapat di Omah Joglo, menjadikan Omah Joglo sebagai tempat yang direkomendasikan untuk mengadakan kegiatan resepsi pernikahan yang mengusung konsep Jawa, prewedding, akad nikah, maupun acara keluarga lainnya.

Untuk reservasi tempat bisa menghubungi Bu Rifka (0818 0273 4457).


Red : RMD

TerPopuler

close