Bergerak Dibidang Pelatihan Komputer, Bumdes Cipayung Untuk Tingkatkan SDM Warga -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Bergerak Dibidang Pelatihan Komputer, Bumdes Cipayung Untuk Tingkatkan SDM Warga

, 3/06/2020 03:54:00 PM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Jawa Barat, yang membuka kursus komputer bagi siswa SD, SMP hingga SMA yang baru melaksanakan Grand Launching yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, Kamis (05/03/2020).

Acara Grand Launching Bumdes "CIPAYUNG MAJU" di hadiri Kepala Desa Cipayung, BPD, LPM, Karang Taruna, Bimaspol, Babinsa AD, dan tokoh masyatakat Desa Cipayung.

Ketua Bumdes Cipayung Sugiyono Mengatakan, Pelaksanaan Grand Launching Bumdes "Cipayung Maju" yang di resmikan oleh Kepala Desa Cipayung dengan program Unit Usahanya yaitu Pusat Pelatihan Pengembangan Informasi Teknologi (PPP-IT).

"Dengan program Unit Usaha PPP-IT, kami Bumdes "Cipayung Maju" menyediakan 20 unit laptop, dan level peruntukannya yaitu untuk SD, SMP dan SMA, adapun umum tetap kami buka kalau memang mau belajar". Ucap Sugiyono.

Menurutnya, untuk biaya belajar cuman Rp 50 ribu sebulan itu sudah includ bayar listrik dan bayar tenaga pengajarnya. Jadi kita benar-benar 60 persen itu sosial dulu dan 40 persen profit.

"Untuk Bumdes memang harus ada profit karena itu dari Kemendes sendiri dan ada di Peraturan Desanya (Perdes). Tapi kami tidak semata-mata ngejar profit disini, kita utamakan sosial dulu, karena Bumdes itu usaha yang harus dibuka dengan, apa sih kebutuhan masyarakat, terutama sumber daya manusia (SDM), dan untuk meningkatkan SDM itu salah satunya dengan pendidikan dan pelatihan," tuturnya.

Untuk target kata Yono sapaan akrabnya, yaitu 500 siswa, sekarang sudah mencapai 260 siswa yang mengikuti kursus. Untuk tenaga ahli ada dua orang dan mengajarnya dua sip.

"Untuk sip satu yaitu belajarnya pagi sampai siang, untuk sip duanya yaitu siang sampai sore. Dengan modal yang ada, dan alhamdulillah saya terpilih jadi Ketuanya, saya ingin benar-benar pemanfaatan modal yang ada ini bisa digunakan dengan maksimal, termasuk sewa tempat, renopasi, biaya oprasional dan ruangan pun ber Ac alhamdulillah mencukupi," ungkapnya usai pelaksanaan Grand Launching.

Lebih lanjut sambung Yono, untuk siswa tidak mampu, dirinya sudah melakukan rapat internal Bumdes bersama Kepala Desa dan BPD. "Jadi siapapun, selagi dia masyarakat Desa Cipayung motivasinya mau belajar, silahkan free alias gratis," katanya.

Sugiyono berharap, karena Bumdes ini bukan program lokal tapi program pemerintah pusat, jadi Badan Usaha Milik Desa ini bisa terus berkembang di Cipayung dengan inovasi-inovasi program Desa yang nantinya bisa bersinergi dengan semua lembaga BPD, LPM, Karang Taruna dan Bumdesnya harus berjalan bersinergi.

"Program inovasi Desa saat ini sedang digalakan oleh pemerintah, potensi-potensi sumber daya alam yang ada di Desa apa nih, dan saya ingin di Cipayung ini punya Brand, karena dari pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, bahwa disetiap Desa harus ada ciri khas. Dengan adanya Bumdes, saya ingin Desa Cipayung di tahun 2025 maksimal, desa Cipayung harus menjadi Desa digital," harapnya.

Ditempat yang sama dikatakan H. Ajan Kades Cipayung, setelah dirinya meresmikan Bumdes "Cipayung Maju" semoga dengan Unit Usaha Pusat Pelatihan Pengembangan Informasi Teknologi (PPP-IT) kedepannya bisa terus berkembang.

"Insya allah kedepannya Desa Cipayung bisa lebih baik dan lebih maju, apalagi Bumdes memiliki program Pusat Pengembangan Informasi Teknologi, jadi warga Desa Cipayung bisa lebih mengenal Informasi teknologi dari usia dini", pungkasnya.




Rep : Ahim
Red : RMD

TerPopuler

close