Kirab Budaya HUT Kabupaten Karawang ke 386 Berlangsung Meriah -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Kirab Budaya HUT Kabupaten Karawang ke 386 Berlangsung Meriah

, 9/16/2019 12:34:00 AM
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana saat di acara Kirab Budaya HUT Kabupaten Karawang.
Vnn.co.id, Kabupaten Karawang - Ribuan Masyarakat memadati area acara Kirab Budaya dalam rangka Perayaan HUT Kabupaten Karawang ke-386 tahun di sepanjang Jalan Tuparev-Kertabumi, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Sabtu (14/9/2019) malam. 

Dalam sambutannya, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Karawang yang hadir dan turut memeriahkan acara Kirab Budaya. 

Tahun ini, kata Bupati, Pemerintah Kabupaten Karawang mengambil tema Jamuga (Jaya, Mulia, dan Tohaga) yang berarti Karawang menuju kejayaan, menuju kemuliaan dan menuju kekokohan. 

Bupati juga mengatakan bahwa Kirab Budaya ini juga menjadi ajang serta momentum bagi masyarakat Karawang untuk saling bersilahturahmi serta momentum masyarakat bertemu dengan para pejabat serta wakil rakyatnya. 

Tak hanya itu, Kirab Budaya ini juga memperkenalkan sejumlah kebudayaan Karawang. Sehingga, masyarakat secara umum bisa mengenal dan mengetahui bahwa kebudayaan Karawang sangat banyak dan bernilai. 

"Kita harus apresiasi terhadap para pegiat budaya dan kesenian dari Karawang. Hadir beberapa perwakilan dari sejumlah daerah dan luar negeri. Ini kesempatan kita memperkenalkan budaya ke tingkat nasional dan internasional", tegas Teh Celli sapaan akrabnya.

Acara Kirab Budaya tersebut diawali dengan kedatangan Bupati bersama rombongan dari unsur Forkopimda Kabupaten Karawang dan seluruh anggota DPRD Karawang dengan menggunakan kereta kencana, dari Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. 

Lalu, Bupati beserta rombongan berhenti di Klenteng Bio Kwan Tee Koen atau di depan toko Eng Siu Tong dan berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer ke panggung utama, yakni di depan pos polisi Alun-alun Karawang. 

Acara Kirab Budaya juga diawali dengan tarian Pagelaran Sendra Tari berjudul Karawang Jamuga. Tarian tersebut berkisah tentang sejarah awal  mula berdirinya Karawang, dengan mengambil latar perjuangan Raden Wiraperbangsa melawan Raden Nagaragan.  

Kirab Budaya sendiri diikuti oleh 52 peserta dengan berbagai macam penampilan kebudayaan dan kesenian. Acara Kirab Budaya ini berlangsung selama lebih dari tiga jam. Meski hingga larut malam, Warga tetap antusias untuk hadir dan meramaikan. 


Rep : Ahim
Red : JF

TerPopuler

close