Legislator PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi Desak Kompensasi Limbah Pertamina Untuk Nelayan Dan Petambak Di Muara Gembong -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Legislator PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi Desak Kompensasi Limbah Pertamina Untuk Nelayan Dan Petambak Di Muara Gembong

, 8/03/2019 08:27:00 PM
Nyumarno, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PDI Perjuangan 
Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PDI Perjuangan, Nyumarno, mendesak Kompensasi Limbah Pertamina untuk Nelayan dan Petambak di Wilayah Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Politi PDI Perjuangang yang juga Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno, mengatakan dirinya sudah datang ke Muaragembong, saya datang di beberapa desa. Saat di Desa Pantai Sederhana, saya bertemu salah satu nelayan Bapak Nurali Enjok, dirinya mengatakan, biasanya tangkapan ikan, udang, rajungan dan cumi bisa 6-7kg/ hari. Karena terdampak limbah, hasil tangkapan ikan nelayan hanya 1kg/hari. Hal ini disebabkan banyaknya ikan yang mati karena limbah pertamina, katanya kepada Vnn.co.id, Sabtu (3/8/2019).

Setidaknya kata Nyumarno, ada 3 Desa di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, yang terkena dampak pencemaran limbah pertamina di Laut Muaragembong. Tiga Desa tersebut diantaranya Desa Pantai Bahagia, Pantai Bakti, dan Pantai Sederhana.

Limbah pertamina tersebut kuat indikasi terjadi atas kebocoran minyak di blok Offshore North West Java (ONWJ), milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang terjadi pada Jumat, 12 Juli 2019 lalu.

Lebih Lanjut, kata Nyumarno, bahwa dirinya kemudian juga melanjutkan kunjungan langsung ke Desa Pantai Bahagia, saya bertemu salah satu petambak ikan dan udang di Desa Pantai Bahagia. Salah satu petambak di desa tersebut, Bapak RW Surin mengatakan, tambaknya juga ikut terdampak.

Dampak bagi petambak ikan, limbah pertamina sampai ke pinggir laut, sehingga tambak yang mengandalkan air pinggir laut, secara otomatis kena dampak juga. Bibit benih udang para petambak di Desa Pantai Bahagia, banyak yang mati karena dampak limbah pertamina tersebut, beber Nyumarno.

Untuk itu, ucap Nyumarno, sebagai wakil rakyat di Kabupaten Bekasi, dirinya mendesak agar Pertamina juga memberikan kompensasi ganti rugi kepada warga kami Kabupaten Bekasi, jangan hanya kompensasi ke warga Karawang saja.ungkapnya

Kata Nyumarno, Bupati Bekasi juga harus pro aktif turut menuntut kepada Pertamina melalui Pemerintah Pusat, agar memberikan ganti rugi kepada para nelayan dan petambak di 3 Desa di Wilayah Kecamatan Muara Gembong yaitu Desa Pantai Bahagia, Pantai Bakti, dan Pantai Sederhana.

Kemudian kata Nyumarno, Bupati Bekasi juga harusnya sudah melakukan pendataan melalui OPD terkait, nama-nama warga, nelayan dan petambak yang terdampak limbah Pertamina tersebut, untuk diajukan penggantian ganti rugi.

"Jangan hanya masyarakat Bekasi dibayar karena turut membersihkan limbahnya saja, kami menuntut untuk diberikan kompensasi ganti rugi juga",tandas Nyumarno.


Rep : Ahim
Red : JF

TerPopuler

close