Kini Pukul :

Antusias Para Narasumber Dalam Pembinaan Kapasitas BPD Kecamatan Bojongmangu

Forum BPD Bojongmangu
Vnn.co.id, Kabupaten Purwakarta - Dalam rangka pembinaan kapasitas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Se-Kecamatan Bojongmangu Kabupaten Bekasi Menggelar Bimbingan Teknis selama 2 hari Sabtu-Minggu (20/7/2019 - 21/7/2019), di Grand Situu Buleud Hotel Sribaduga Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Acara tersebut menghadirkan 5 Narasumber antara lain Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar SE, Kapala Bidang (Kabid) DPMD Kabupaten Bekasi, Beni Yusnandar, Badan Pengelola Keuangan Desa, Arif Kurnawirawan, Ketua F-BPD Kabupaten Bekasi, H.Karno dan PLH Camat Bojongmangu, Muhamad Rawal Yulius.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar SE, mengingatkan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar memahami tugas dan fungsi mereka dalam pemerintahan desa.

“Saya ingatkan kepada mereka bahwa mereka bukan hanya sekedar pelengkap atau pengaman kebijakan pemerintah desa,” kata Sunandar di sela-sela acara Bimtek kepada Vnn.co.id

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini menyebut, anggota BPD tidak hanya menjadi pelengkap, maka mereka harus mengetahui serta memahami tugas dan fungsi mereka di pemerintahan desa.

Fungsi BPD diantaranya adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Sementara itu tugas BPD diantaranya adalah menggali aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat, mengelola aspirasi masyarakat, menyalurkan aspirasi masyarakat, menyelenggarakan musyawarah BPD dan menyelenggarakan Musyawarah Desa.

Selanjutnya, kata Sunandar melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan pemerintahan desa, menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya, dan melaksanakan tugas lain sesuai peraturan perundang-undangan.

“BPD harus dapat menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di desa. Saya harap mereka dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik,” bebernya.

Bukan Hanya itu saja kata Sunandar, BPD juga harus mejaga kompakan dan kebersamaan khususnya saat ini yang saya hadiri BPD Kecamamat Bojongmangu.

BPD harus bisa menjaga Kemitraan dalam segi  Pembangunan, tertib Administrasi dan menggali potensi Desa untuk PAD.paparnya

Sunandar juga menegaskan, Kedepan seluruh BPD Kecamatan Bojongmangu akan jauh lebih karena tak lepas dan berkat keseriusan kerja yang disiplin dari Ketua F-BPD Kecamatan Bojongmangu, Ondang Donal.Tegasnya

Pantauan Vnn.co.id semua narasumber menyambut baik dan membrikan apresiasi atas kekompakan para peserta yang begitu hikmat menyimak materi yang disampaikan selama pembinaan berlangsung tanpa ada satupun yang meninggalkan ruangan.

Sementara Ketua F-BPD Kecamatan Bojongmangu, Ondang Donal SE yang juga sebagai penanggung jawab pelaksana kegiatan, merasa bangga dengan suksesnya pelaksanaan pembinaan BPD yang di hadiri 100% peserta dan para narasumber yang semangat membrikan materi.

Ondang juga berharap pembinaan kapasitas BPD ini akan menjadi tambahan pengetahuan tentang Desa sesuai dengan regulasi yang ada.

"BPD sebagai mitra Pemerintah Desa harus tetap menjaga hubungan baik kepada smua stackholder yang ada di Desa sesuai aturan perundang"an. Jain komunikasi dan koordinasi yang baik untu bersama - sama membangun dari Desa. Tetap jaga kekompakan dan kebersamaan agar BPD sejahtera dan berwibawa",pungkasnya


Rep : AHIM
Red : JF

No comments