Kini Pukul :

Warga Palembang Rayakan Idul Fitri Jatuh Pada Selasa, 4 Juni 2019.

Ratusan Warga Palembang Gelar Shalat Ied.
Vnn.co.id, Palembang — Sejumlah umat Islam di Palembang, Sumatera Selatan, menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa, 4 Juni 2019. Mereka yang telah menuntaskan puasanya sejak kemarin, menjalankan ibadah Salat Id di halaman Masjid At Tadzkir, Kecamatan Jakabaring, Palembang.

"Kami menetapkan Hari Raya Idul Fitri berdasarkan hasil ru'yatul hilal internasional yang dilakukan secara global. Ini sudah dijelaskan dalam hadis," kata Jemaah Ru'yatul Hilal Global, Mahmud Jamhur.

Dia mengatakan, di dalam sebuah hadis sudah dijelaskan bagi siapa saja yang melihat hilal, maka penglihatannya berlaku untuk yang lain. Hadis tersebut berlaku umum terhadap muslim di seluruh dunia.

Sementara fakta lainnya, jelas Mahmud, yaitu bulan yang dilihat di Indonesia sama dengan yang terlihat oleh negara di Timur Tengah. Kalaupun ada perbedaan tidak sampai satu hari.

"Bulan yang kita lihat di Indonesia itu sama dengan yang dilihat di Timur Tengah, hanya beda empat jam saja. Kan tidak sampai setengah hari, apalagi satu hari," katanya.

Meski menjalankan Salat Id lebih awal, Mahmud menyebut jika awal Ramadan tahun ini sama dengan yang ditetapkan Kementerian Agama, yaitu pada 6 Mei 2019.

"Untuk 1 Ramadan kita bareng karena dunia bareng. Begitu pun untuk 1 Syawal ini kita sama dengan 44 negara di dunia yang juga menetapkannya hari ini, seperti Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat, dan sejumlah negara-negara di Eropa dan Afrika," katanya.

Dia memastikan tidak masalah berbeda dengan yang ditetapkan Kementerian Agama. Baginya, perbedaan ini merupakan sebuah proses pembelajaran umat yang selama ini hanya menerima saja.

"Ini sebenarnya persoalan klasik, tapi enggak masalah, ini proses pembelajaraan umat. Dulu kan engak mengerti, cuma terima saja. Tapi sekarang bisa cari tahu kenapa bisa berbeda," ujar Mahmud.

Salat Id yang diikuti ratusan jemaah ini berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB. Ratusan jemaah hadir dari berbagai wilayah di Palembang. 

Sumber Vivacoid

No comments