Kini Pukul :

Hari Ini, Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I Mulai

Dankodiklat TNI didampingi Pangkoopsau I saat membuka LKO
Vnn.co.id, Jakarta - Terhitung mulai hari ini hingga lima hari ke depan, Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Koopsau I mulai digelar. Pelaksanaan LKO ini secara resmi dibuka oleh Dankodiklat TNI, Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P. dan di damping langsung oleh Pangkoopsau I, Marsda TNI Fadjar Prasetyo, SE., M.P.P. yang bertempat di ruang rapat Suryadarma, Makoopsau I, Jakarta (18/6).

Dalam sambutannya saat membuka pelaksanaan latihan, Dankodiklat TNI menyampaikan bahwa, tujuan LKO Koopsau I adalah terwujudnya profesionalitas prajurit dan satuan Koopsau I yang mampu mengantisipasi segala bentuk kontinjensi di wilayah Koopsau I, khususnya dalam penanganan bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami.

Selain itu, Latihan ini merupakan latihan penggunaan kekuatan untuk menguji kesiapsiagaan sesuai rencana operasi yang disiapkan oleh Koopsau I dalam membantu menanggulangi korban akibat dari bencana alam gempa bumi dan tsunami khususnya pada saat terjadi bencana alam. 

Sementara itu, Pangkoopsau I menyampaikan bahwa, wilayah Koopsau I mencakup wilayah Indonesia bagian Barat, salah satunya adalah provinsi Sumatera Barat yang pada latihan ini dijadikan sebagai daerah latihan pada saat Gladi Lapangan nantinya. Menurutnya, wilayah Sumatera Barat secara geologis merupakan daerah pertemuan lempengan bumi, penyebab gempa tektonik dan sebagai pemicu terjadinya bencana tsunami. 

Menurut Pangkoopsau , LKO Koopsau I ini sangatlah penting dalam rangka menguji Rencana Operasi yang telah dibuat dan terlampir dalam rencana tindakan kontinjensi Kotamaops TNI, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana rencana operasi yang telah dituangkan dalam Rentinkon tersebut dapat dilaksanakan.

Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I ini, akan dilaksanakan dalam dua tahapan latihan yaitu Galdi Posko di Makoopsau I dan Gladi Lapangan di Lanud Sutan Sjahrir di provinsi Sumatera Barat. Pada latihan ini, Kodiklat TNI merupakan penyelenggara latihan sedangkan Koopsau I sebagai pelaku latihan.

Turut hadir pada acara pembukaan LKO Koopsau I ini adalah Kaskoopsau I, Marsma TNI Andi Heru Wahyudi, sejumlah pejabat utama Kodiklat TNI dan Koopsau I serta seluruh pelaku latihan. (Dgl)

No comments