Semangat Rela Berkurban, Manggala Agni Wujudkan Bebas Asap Karhutla -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Semangat Rela Berkurban, Manggala Agni Wujudkan Bebas Asap Karhutla

, 8/23/2018 06:31:00 AM
Petugas memadamkan Api di Hutan.
vnn.co.id, Jakarta -  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu, 22 Agustus 2018 Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Manggala Agni tetap melakukan upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tengah perayaan Hari Raya Idul Adha. Manggala Agni tetap semangat dan siaga melakukan upaya pencegahan di tingkat tapak dan juga pemadaman pada beberapa wilayah.

Manggala Agni dengan cepat melakukan pemadaman di beberapa wilayah rawan di mana kondisi beberapa wilayah di Indonesia menunjukkan kenaikan intensitas karhutla, seperti di Sumatera Selatan, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. Manggala Agni terus meningkatkan kesiapsiagaan dan melakukan koordinasi dengan para pihak untuk bersama-sama menangani karhutla ini.
Petugas memadamkan Api di Hutan.
Upaya pencegahan pun terus dilakukan Manggala Agni di hari lebaran ini. Patroli terpadu terus digerakkan dengan menggandeng TNI, POLRI, dan masyarakat setempat. Tidak menghiraukan cuaca terik, tim patroli terpadu menyusuri setiap wilayah yang rawan. Bahkan di saat perayaan hari besar pun, tidak mengenal istilah libur. Manggala Agni tetap siaga, tetap waspada, tetap turun ke lapangan melakukan patroli, sosialisasi, pengecekan hotspot, dan bahkan pemadaman.

Sebagaimana dilakukan di beberapa wilayah di Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan juga Kalimantan Selatan, Manggala Agni bersama-sama para pihak melakukan penanggulangan karhutla.

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa Manggala Agni akan tetap siaga melakukan berbagai upaya pengendalian karhutla di lapangan. Selama 24 jam Manggala Agni senantiasa siap turun langsung menangani setiap kejadian karhutla yang terjadi.

Petugas memadamkan Api di Hutan.
“Meskipun sebagian besar anggota Manggala Agni merayakan Hari Raya Idul Adha, namun karena panggilan tugas mereka tetap lakukan upaya mengendalikan karhutla. Strategi khusus disusun agar Manggala Agni yang merayakan Idul Adha tetap bisa beribadah sementara tugas di lapangan tidak terabaikan,” tegas Raffles.

Bahkan tadi malam pun Manggala Agni melakukan pemadaman di beberapa titik, seperti di Desa Mangun Jayo, Kecamatan Tebo, Kabupaten Tebo, Jambi. Di saat takbir bergema, Manggala Agni melakukan pemadaman bersama-sama dengan TNI, POLRI, dan dibantu masyarakat. Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Pandahan, Kecamatan Batu-Bati, Kabupaten Tanah Laut, dan juga di Kabupaten Singkawang, Kalimantan Barat, Manggala Agni bersama-sama dengan BPBD, TNI, POLRI, dan masyarakat juga melakukan pemadaman hingga malam hari.

Perjuangan yang luar biasa bagi Manggala Agni. Bekerja tidak kenal waktu di lapangan. Semangat rela berkorban dengan penuh keikhlasan menjadi motivasi bagi Manggala Agni dalam menanggulangi karhutla yang terjadi. Mewujudkan Indonesia bebas asap akibat karhutla juga menjadi tekad Manggala Agni,"

Reporter: Sai

TerPopuler

close