Hindari Hoaks Lowongan kerja, Disnaker Sosialisasikan Aplikasi SIAP Kerja Karirhub -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Hindari Hoaks Lowongan kerja, Disnaker Sosialisasikan Aplikasi SIAP Kerja Karirhub

, 3/28/2023 04:07:00 AM


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Upaya pemerintah dalam memberantas hoaks informasi lowongan kerja masih terus dilakukan, seperti yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bekasi yang bekerjasama dengan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yaitu menggelar pelayanan informasi pasar kerja untuk calon pencari kerja di enam Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bekasi. 

Secara resmi, kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi, Betty Kusuma Wardhani, di SMKN 2 Cikarang Barat, Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat, Rabu (15/3/2023).

Pada kesempatan itu turut hadir perwakilan dari Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Rici Ronaldo. Menurutnya, kegiatan itu digelar dalam rangka memberikan pembekalan kepada para siswa tentang informasi pasar kerja, sekaligus memperkenalkan aplikasi SIAP Kerja Karirhub.

Betty Kusuma Wardhani, mengatakan, kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk mendorong siswa dan siswi SMK agar mempersiapkan diri dalam memasuki pasar kerja. 

"Kami ingin para siswa mengetahui tentang informasi pasar kerja dan menghindari hoaks tentang pasar kerja. Jadi ada laman SIAP kerja karirhub (karirhub.kemnaker.go.id) yang disediakan oleh Kementerian Tenaga Kerja yang bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Betty berharap, penyuluhan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat mengenai informasi pasar kerja yang legal melalui sumber resmi, sehingga dapat mencegah terjadinya hoaks pasar kerja. 

"Harapan kedepannya masyarakat dapat memahami tentang informasi pasar kerja yang resmi, agar bisa tersalurkan kepada perusahaan-perusahaan yang resmi sehingga tidak terjadi penipuan di lapangan," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Pusat Pasar Kerja kementrian ketenagakerjaan Republik Indonesia, Rici Ronaldo menambahkan, pihaknya akan mengupayakan informasi pasar kerja agar dapat tersalurkan secara meluas di masyarakat, melalui aplikasi SIAP KERJA-Karirhub (karirhub.kemnaker.go.id) yang berhubungan dengan informasi lowongan kerja. 

"Kementerian Ketenagakerjaan sudah memiliki  KarirHub (karirhub.kemnaker.go.id), sebagai salah satu layanan ketenagakerjaan yang terdapat dalam Aplikasi SIAP KERJA pada Portal kemnaker.go.id yang berhubungan dengan informasi lowongan pekerjaan," terangnya. 

Karirhub tersebut, kata dia, merupakan job portal yang memberikan informasi pasar kerja yang benar-benar ada dan tidak hoaks yang diposting oleh perusahaan yang bersangkutan. 

"Sehingga pencari kerja mendapatkan informasi pasar kerja yang benar dan tidak tertipu oleh oknum-oknum yang menjanjikan sesuatu kepada para pencari kerja," ungkapnya. 

Dirinya berharap, para pencari kerja (pencaker) dapat bersaing di pasar kerja dengan kemampuan dan kesiapan yang dimiliki secara matang.

"Harapan kami, para pencari kerja ini akan siap memasuki pasar kerja dengan soft skill dan hard skill yang dimiliki," tandasnya.

Red : Ramdhan

TerPopuler

close