DLH Kabupaten Bekasi Bersihkan Aliran Kali Sepak, Puluhan Ton Sampah Diangkut -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

DLH Kabupaten Bekasi Bersihkan Aliran Kali Sepak, Puluhan Ton Sampah Diangkut

, 1/13/2023 02:14:00 PM
Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi membersihakan sampah yang menyumbat di Kali Sepak, Tambun Utara (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Sampah Wilayah II membersihkan dan mengangkut puluhan ton sampah yang berada di sekitar Gerbang Tol Gabus, Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, Kamis (12/1/23).

Sampah yang didominasi plastik rumah tangga dan batang pohon itu menyumbat di sepanjang Kali Sepak sejauh 100 meter, bahkan menutupi aliran Kali.

Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah II, Sumardi mengatakan, pengangkutan sampah yang dikerjakan oleh petugasnya itu dilakukan pada malam hari agar tidak mengganggu pengguna lalu lintas lain.

"Kami sengaja angkut sampah-sampah yang menghambat aliran Kali Sepak itu tengah malam, biar tidak mengganggu yang lain," kata Sumardi.

Ia mengatakan pihaknya mengerahkan 4 unit truk untuk mengangkut sampah dan  1 alat berat eskavator milik Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi.

Tumpukan sampah tersebut akibat terbawa dari wilayah hulu saat hujan deras, sehingga sampah-sampah tersebut menumpuk dan tersumbat oleh banyaknya sampah batang pohon yang juga ikut terbawa.

"Kalau dibiarkan, saat intensitas hujan tinggi akan menjadi penyebab terjadinya banjir yang menggenangi ruas jalan Tol Cibitung-Cilincing. Mengingat ruas tol ini merupakan salah satu objek vital nasional, sehingga akan membahayakan jika tidak segera diangkut sampahnya," ujarnya.

Sumardi menargetkan puluhan ton sampah itu akan selesai dibersihkan dalam waktu dua hari kedepan. sampah yang sudah diangkut itu nantinya akan dibawa ke TPST Burangkeng.

Lanjutnya, Sumardi juga berharap kedepannya agar masyarakat peduli terhadap lingkungan dan mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di sepanjang aliran Kali Sepak. 

Red : Ramdhan

TerPopuler

close