KABAR BAIK! COVID-19 Lewati Puncak Penyebaran -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

KABAR BAIK! COVID-19 Lewati Puncak Penyebaran

, 7/06/2022 06:21:00 PM

Menkes Budi Gunadi Sadikin



Jakarta, VNN.co.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengeluarkan statkment bahwa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis alias puncak kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.


Budi mengatakan, puncak kasus Covid-19 akan tercapai ketika dominasi satu varian tertentu sudah tinggi. Di Indonesia, persentase kasus BA.4 dan BA.5 sudah mencapai lebih dari 80%.


Baca Juga: PERHATIAN! PPKM Level 2 Wilayah Jawa-Bali Kembali Berlaku


Hal serupa juga disampaikan oleh ahli epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Pandu Riono yang menilai Indonesia saat ini sudah berada di fase puncak kasus Omicron. Melansir pemberitaan detik.com, Pandu memprediksi Indonesia akan mengalami penurunan kasus COVID-19 di bulan Agustus mendatang.


Kendati demikian, Pandu juga berpendapat bahwa pemerintah seharusnya sudah perlu mengubah fokus dari aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menuju strategi tersebarnya cakupan vaksinasi booster.

Baca Juga: Angka Kematian Pasien Covid-19 dengan Diabetes Tinggi

"Peningkatan vaksinasi booster dan sekarang jadi fokus semuanya, bukan PPKM yang jadi isu. Booster pas jadi mudik lebaran ternyata dampak daripada mudik tidak ada bahkan tidak signifikan, kita tentu ingin mempertahankan kondisi semacam ini," ucapnya.



Editor: Sukmasih/VNN.co.id

TerPopuler

close