Pengertian dan Contoh Musik Ansambel -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pengertian dan Contoh Musik Ansambel

, 3/24/2022 09:19:00 AM

Ilustrasi (foto : istimewa)


Vnn.co.id, Jakarta - Musik adalah sebuah karya seni yang berkembang dari waktu ke waktu. Saat menyanyikan sebuah lagu, musik harus diiringi oleh alat musik dan media lainnya.  

Ansambel musik, merupakan gabungan dari beberapa jenis alat musik yang dapat dimainkan secara harmonis. Teknik bermain yang berbeda diperlukan untuk setiap instrumen. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ansambel adalah sekelompok pemain musik (penyanyi) yang secara teratur tampil bersama. 

Ansambel musik kontemporer tidak selalu mengandalkan musik klasik, tetapi cenderung modern dan inovatif. Kemudian gunakan pengaturan yang berbeda dan banyak jenis instrumen. 

Sementara itu, seperti dikutip dari buku A Yudana Basuki Handicrafts and Music Arts (1996), musik ansambel adalah jenis pertunjukan  yang dilakukan oleh banyak orang yang memainkan lagu-lagu sederhana dengan menggunakan alat musik tertentu. 

Alat musik yang digunakan dalam musik ansambel dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis: alat musik melodis, alat musik ritmik, dan alat musik harmonik.

Dalam memainkannya, beberapa instrumen berperan sebagai pembawa melodi utama, yang lain sebagai pengiring.  

Klasifikasi fungsional musik ansambel 
dibagi menjadi tiga kelompok: kelompok alat musik ritmis, kelompok alat musik melodis, dan kelompok alat musik harmonik.

Contoh musik ansambel menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, musik ansambel dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu ansambel sejenis dan ansambel campuran. 

Jenis instrumen yang sama seperti gitar, piano, biola dan instrumen lainnya. Ansambel campuran, di sisi lain memainkan berbagai alat musik.

Referensi : berbagai sumber

Jurnalis : Dawam
Editor : Ramdhan

TerPopuler

close