Mengulik Tepung Tang Mien Rahasia di Balik Kelembutan Bakpao -->

Mengulik Tepung Tang Mien Rahasia di Balik Kelembutan Bakpao

, 10/27/2021 07:45:00 PM

Bakpao: resepedia.id.

Vnn.co.id, Kuliner - Bakpao menjadi pilihan banyak orang untuk dikonsumsi sebagai pengganti roti. Bakpao merupakan jajanan khas dari China yang terbuat dari tepung terigu yang diberi ragi agar mengembang. Bakpao biasanya disajikan dengan berbagai isian, misalnya daging dan selai buah-buahan.


Bakpao merupakan bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Hokkian. Bak berarti daging, sedangkan pao berarti bungkusan. Hal ini membuat bakpao memiliki makna daging yang dibungkus.


Kalau Sobat VNN.co.id ingin membuat bakpao, sebelumnya kenali dahulu bahan-bahan yang salah satunya adalah Tepung Tang Mien. Hah apa, tuh tepung tang mien? Penasaran, simak penjelasan berikut ini.


Tepung tang mien adalah jenis tepung yang terbuat dari pati gandum. Pati didapatkan dari proses pengendapan air perasan bahan, sedangkan tepung adalah hasil penggilingan bahan yang sudah dikeringkan. Pati terdiri atas karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berbentuk bubuk putih, tawar, dan tidak berbau. Teng mien merupakan hasil dari endapan pati tepung gandum (wheat starch) yang sudah dihilangkan kadar glutennya. 


Tepung tang mien atau tepung pati gandum memiliki kemampuan untuk mengentalkan sebagian besar jenis saus, sup atau masakan lainnya. Puding dan kulit kue pie juga akan lebih padat dengan adanya tambahan tepung pati gandum. Dibandingkan dengan tepung maizena, tepung tang mien merupakan pengental yang lebih ringan. Untuk beberapa jenis resep adonan, seperti bungkus pangsit, juga memakai tepung tang mien atau tepung gandum. Karena penggunaan tepung tang mien atau tepung gandum akan membantu memberikan penampilan bungkus pangsit yang putih dan transparan. Tepung tang mien atau tepung pati gandum juga seringkali digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan sirup.


Dikutip dari buku “Resep Favorit untuk Usaha BAKPAO” oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, tepung tang mien memiliki tekstur lebih halus daripada tepung terigu biasa. Adapun karakteristik tepung ini berwarna putih. Biasanya tepung tang mien digunakan sebagai bahan campuran tepung terigu rendam untuk membuat bakpao. Hal ini digunakan agar bakpao lebih lembut dan mengembang. Di sisi lain, tepung terigu yang dicampur dengan tepung tang mien dapat menghasilkan citra rasa kulit yang legit.


Ternyata, selain digunakan untuk membuat bakpao tepung tang mien ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit dimsum atau hakau, makanan yang menghasilkan kulit transparan.


Dalambuku “Ayo Membuat Masakan & Kue dari Bahan Halal” (2017) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, penggunaan tepung tang mien bisa digantikan dengan tepung tapioka.


Namun, hanya saja hasil akhirnya tidak seputih menggunakan tepung tang mien untuk membuat makanan dengan kulit putih atau kulit transparan.


Penulis: Qorina Lois Fadilla

Editor: Mega
 

TerPopuler

close