Sudahkah Kamu Kecanduan Belajar? Berikut 6 Tips Tingkatkan Mood Kamu -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Sudahkah Kamu Kecanduan Belajar? Berikut 6 Tips Tingkatkan Mood Kamu

, 9/13/2021 02:11:00 PM

 

bobby132.wordpress.com.

Vnn.co.id, Gaya Hidup - Hay hay hay, sudah hari Senin lagi, nih, Sobat VNN.co.id. Sebelum melaksanakan serangkaian aktivitas hari Senin ini, VNN.co.id mau tanya, nih. Apakah Sobat VNN.co.id sudah kecanduan belajar atau justru ketika belajar bawannya bosen terus ngantuk, deh. Hmm … padahal dengan belajar, kita tak hanya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu mengurangi intensitasmu di depan layar yang berdampak buruk bagi kesehatan.


Berdasarkan data yang dilansir dari laman Insider di Amerika Serikat anak berusia 8-12 tahun menghabiskan waktu rata-rata 4-6 jam per hari untuk menatap layar. Sementara, anak remaja menghabiskan waktu sekitar sembilan jam per hari. Selanjutnya, orang dewasa menghabiskan waktu rata-rata lebih dari 10 jam setiap harinya.


Lantas, bagaimana ya caranya agar kecanduan belajar? Simak tips berikut!


1. Motivasi

Ini penting banget bisa dikatakan poin utama untuk memulai yang namanya proses kecanduan belajar. Motivasi bisa Sobat VNN.co.id temukan, misalnya tempat menimba ilmu impian atau mau banggain kedua orang tua. Yakinlah apabila Sobat VNN.co.id sudah menemukan motivasi, maka belajarnya makin kenceng, gas terus pokoknya tak pakai rem.


2. Ubah Mindset


Ubahlah mindset atau persepsimu tentang belajar. Mulai sekarang, anggap belajar itu merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan. Buang jauh-jauh jika belajar itu beban dan membosankan. Sobat VNN.co.id bisa membayangkan kalau belajar itu game yang jika levelnya semakin sulit, maka semakin menantang.


3. Jadwal Belajar


Pasti Sobat VNN.co.id pernah berpikir “mau belajar apa, ya?”. Seringkali kita bingung untuk menentukan topik  belajar karena tak paham dengan materinya. Jadi, sekarang sudah saatnya Sobat VNN.co.id membuat jadwal belajar, ya! Fleksibel, buatlah target mingguan, misalnya dengan menyicil materi biologi dan latihan minimal 50 soal. Ingat! buatlah jadwal yang realistis, jangan sampai itu membuat Sobat VNN.co.id justru merasa kesusahan.


4. Suasana Belajar yang Nyaman


Kalau Sobat VNN.co.id suka belajar di tempat yang sepi, belajarlah di waktu-waktu sepi seperti malam atau dini hari. Namun, apabila suka suasana ramai, mendengar musik solusinya. Jangan lupa sediakan air putih dan snack favorite agar belajar lebih menyenangkan.


5. Konsisten


Klise banget sih ini. Mudah diucap tetapi sulit untuk dilakukan. Sulit bukan berarti tak bisa bukan?


5. Stop Menunda Tugas


Kalau Sobat VNN.co.id dapat tugas dari guru ataupun dosen, usahakan langsung dikerjakan agar nanti tak kewalahan.


6. Cute Stationary


Tak jarang jika TikTok atau YouTube belajar menyediakan stationary alat tulis yang lucu-lucu. Nah, hal-hal kecil seperti itu juga bisa naikin mood belajar kita, loh.


Coba, deh Sobat VNN.co.id terapkan tips-tips di atas! Pasti nanti jadi kecanduan belajar. Semangat!!!


Penulis: Qorina Lois Fadilla 

Editor: Mega

TerPopuler

close