Kini Pukul :

Tips Merawat Mobil di Musim Penghujan

Ilustrasi mobil yang menerjang hujan.


Vnn.co.id - Musim penghujan adalah salah satu dari sekian banyak alasan yang bikin pemilik mobil geregetan. Tak pelak, kotoran akan menempel di kendaraan saat melaju di jalanan, sehingga mobil akan butuh perawatan ekstra.

Karenanya, pemilik mobil bakal lebih sering memarkir kendaraan di garasi ketimbang membawanya keluar, sebab mereka harus segera membersihkannya agar tidak rusak.

Perawatan yang tepat saat musim hujan akan meminimalisir hal-hal buruk pada mobil, berikut tips-tips merawat mobil yang dirangkum vnn.co.id yang mudah dilakukan:

Segera Keringkan Air Hujan

Ini hal yang penting dilakukan, sebab air hujan mengandung zat asam, yang kemudian bercampur dengan debu dan partikel kotoran di jalan yang dapat merusak cat, selain itu, air hujan juga dapat memicu timbulnya jamur dan karat.

Sebaiknya segera cuci mobil dengan sampo khusus mobil atau keringkan dengan spons halus untuk menghilangkan noda guyuran pada bodi mobil.

Gunakan Cairan Pelindung Cat

Setelah dibersihkan, gunakan pelindung cat pada bodi mobil, agar cat tak cepat rusak karena terlalu sering dicuci selama musim hujan, selain itu juga akan mengurangi potensi korosi akibat pergantian suhu (panas dan hujan) yang cepat.

Bersihkan Kaca

Tetesan air yang mengering bisa menjadi pemicu munculnya jamur di kaca. Bisa mengelapnya menggunakan kanebo yang lembab dengan gerakan searah.

Pada bagian pinggir kaca juga menjadi bagian yang penting diperhatikan untuk mencegah terjadinya korosi di sana.

Selain itu, kondisikan AC dalam keadaan menyala dengan suhu yang tak terlalu dingin, karena hal itu membantu menjernihkan kaca mobil dari embun yang menempel akibat hujan.

Bersihkan Kaki-kaki Mobil

Bagian ini sering kali luput dari perhatian, padahal kaki-kaki mobil merupakan bagian yang sering terkena genangan air hujan dan lumpur. Membersihkannya dengan tujuan agar tak terjadi penumpukan kerak yang mengakibatkan kerusakan pada komponen di sana.

Jaga Kebersihan Bagian Dalam Mobil

Musim hujan berpotensi membuat bagian dalam mobil lembab, sehingga berpotensi timbul jamur. Untuk mengantisipasinya, perlu menjaga kebersihannya agar kotoran yang menempel tak memicu tumbuhnya jamur pada interior mobil.

Red: Mega