Kini Pukul :

Mau Mobil Anda Tetap Prima? Ini Rahasianya

 

Gambar: Rutinlah melakukan perawatan mobil anda agar tetap nyaman saat dikendarai


VNN.co.id
, Perawatan mobil sangat perlu dilakukan agar kendaraan anda selalu dalam kondisi yang baik dan prima saat dikendarai. Berikut ini tips-tips merawat kendaraan agar tetap prima saat dikendarai. Mari kita simak.

1. Pilihlah bahan bakar mobil yang sesuai. Sebaiknya gunanakan bahan bakar yang membuat mesin mobil menjadi lebih prima, ketika dikendarai. Disarankan untuk memilih bahan bakar yang dianjurkan oleh pabrik nilai oktannya.  

2. Cek dan Ganti Air Radiator. Mengecek dan mengganti air radiator dengan benar dapat membuat mobil anda lebih nyaman dan awet. Karena ia bermanfaat untuk mendinginkan suhu mesin. Ketika radiator kekurangan air maka bisa berpengaruh pada mesin mobil.

3. Lakukan pengecekan oli secara rutin. Oli mesin memiliki fungsi untuk memberikan pelumas agar gesekan pada mesin bisa berkurang. Ketika mesin mobil anda sudah terasa kasar atau warna olinya terlihat hitam dan mulai encer. Maka segera ganti oli anda.

4. Lakukan pengecekan aki. Anda bisa melakukan pengecekan aki minimal 2 minggu sekali, jika menggunakan aki basah. Pastikan, bahwa aki masih pada level yang seharusnya yaitu diantara garis batas penanda. Anda juga bisa melakukan pengukuran tegangan aki dengan voltmeter.

5. Mengganti minyak rem. Minyak rem ini bisa menyerap lembab karena ia bersifat hidroskopis. Penggantian minyak rem ini bisa dilakukan setiap jarak tempuh yang digunakan mobil kira-kira 60.000 kilo meter. Akibat jika tidak segera mengganti minyak rem adalah akan terjadi pengkaratan dan korosi pada mesin mobil anda.

6. Cek lampu dan kabel. Perhatikan kondisi lampu mobil apakah sudah mulai redup, jangan sampai ketika di perjalanan lampu mobil tiba-tiba mati. Perhatikan pula apakah ada kabel yang sudah mulai longgar atau bahkan mau putus, jika ada maka langsung diganti..

7. Lakukan pengecekan ban dan tekanan. Hal ini bisa dilakukan minimal 1 bulan sekali, terlebih kalau anda sering melakukan perjalanan jauh. Jika kondisi ban sudah tidak memungkinkan maka sebaiknya segera diganti. 

Satu hal lagi yang jangan sampai dilupakan adalah rutin mencuci mobil agar tetap nyaman dan bersih saat digunakan. Biaya perawatan mobil pun menjadi murah meriah jika anda rajin melakukan pengecekan di setiap bagian mobil. Silahkan mencoba!

Red: Nabilla