Pulau Komodo Dijadikan Destinasi Wisata Premium -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Pulau Komodo Dijadikan Destinasi Wisata Premium

, 10/28/2020 07:25:00 AM


Vnn.co.id, Nusa Tenggara Timur - Pembangunan "Jurassic Park" di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi sorotan publik.

Sejumlah pihak menilai, proyek yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu akan merusak habitat komodo. 
Pulau Rinca merupakan sebuah pulau kecil dekat Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini dikenal karena adanya Komodo karena disini tempat yang sangat baik untuk melihat Komodo di lingkungan alaminya.

Sementara itu, pembangunan "Jurassic Park" merupakan salah satu dari gagasan pemerintah dalam melakukan penataan dan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo.

Pulau Rinca akan diubah menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan.

"Tujuan utama konsep ini adalah mempromosikan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan dengan mengembangkan potensi yang ada dengan cara yang berkelanjutan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Minggu (19/1/2020).


Source : kompas.com

Editor  : Anita

TerPopuler

close