Kini Pukul :

Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-70 Tahun, Mandor Bekek: Dua Kali Lebih Baik Untuk Siapa?

Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Dipimpin oleh Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, tepat pada hari ini Sabtu 15 Agustus 2020 adalah Hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke-70 tahun. Slogan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi pada hari jadi kali ini menganggap 'Bekasi Dua Kali Lebih Baik'.


"Saya mau bertanya, dimana dua kali lebih baik itu. Sampaikan kepada rakyat, berikan contoh kongkritnya," kata Mandor Bekek, Sabtu (15/08/2020).


Pertanyaan yang dilontarkan Mandor Bekek, ia sampaikan tidak untuk mendiskriminasi, menjelekkan atau menghujat pemerintah. Hanya sebagai kerangka analis rakyat Bekasi. Dua kali lebih baik itu harus diuraikan secara gamblang.


Apakah dua kali lebih baik untuk mereka (pejabat) atau untuk rakyat? Sebagai contoh, apakah ada metode ilmiah dari para pejabat dilingkup Pemkab Bekasi, dimasa pandemi Covid-19," ujarnya.


Sedikit menjelaskan, lanjutnya, ada yang perlu disampaikan kepada publik dalam konteks krisis pandemi Covid-19. Publik berdebat tentang mana yang harus diproritaskan. Kesehatan ataukah ekonomi?.


Kesehatan umumnya diartikan sebagai meminimumkan kasus Covid-19. Terutama tingkat kematian. Berhasilkah Gugus Tugas yang diketuai oleh Bupati Bekasi dalam menekan kasus corona?tanya mandor bekek yang sehari-hari terlihat diplaza Pemda Kabupaten Bekasi.


Sampai dengan sekarang hari ini masih ada korban positif Corona. "Seperti kemarin, Jumat (14/08/2020) anggota dewan Budiyanto dari Fraksi PKS menyampaikan kepada publik ada penambahan kasus positif Corona bertambah lima kasus dalam sehari. Apakah ini 'Dua Kali Lebih Baik' dalam konteks krisis pandemi Covid-19 prioritas kesehatan," katanya.


Mandor Bekek

Kemudian prioritas ekonomi, Ketika membahas ini kebanyakan orang mengartikan ekonomi sebagai sesuatu yang sempit. Misalnya pendapatan, penghasilan, atau pertumbuhan ekonomi. Salahkah kalau ekonomi diartisempitkan hal tersebut? Jawabannya adalah salah. "Kalau begitu pemerintah harus sampaikan kepada publik. Agar tidak ada kesenjangan pemahaman di masyarakat. Karena itulah sebenarnya makna dari 'Bekasi Dua Kali Lebih Baik'," katanya.


Pandemi Covid-19, Pemkab Bekasi merefocusing anggaran ABPD hingga 1,2 triliun. Untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Bekasi alokasi anggaran kurang lebih 240 miliar. Anggaran ratusan miliar itu harus dipertanggungjawabkan. 


"Pertanggungjawaban penggunaan anggaran ini nantinya akan memberikan jawaban kepada publik. Apakah benar Kabupaten Bekasi 'Dua Kali Lebih Baik",pungkasnya.



Rep : Ahim

Red : JA