Ratusan Kades Terpilih Di Cianjur Hari Ini Dilantik Dalam Situasi Wabah Corona. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Ratusan Kades Terpilih Di Cianjur Hari Ini Dilantik Dalam Situasi Wabah Corona.

, 4/08/2020 10:18:00 AM
Vnn.co.id, Kabupaten Cianjur - Ketika wabah yang disebut pandemi oleh WHO yakni Covid-19 pelantikan 247 kepala desa (kades) terpilih pada Pilkades serentak 2020 bakal dilaksanakan sesuai jadwal awal.

Bertempat di Pendopo Cianjur, pelaksanaan pelantikan bakal dibagi menjadi 3 waktu, yakni Rabu (8/2/2020), Kamis (9/4/2020) dan Senin (13/4/2020).

Hal tersebut menuai reaksi pentolan Cianjur People Movement, Ahmad Anwar. Menurutnya, seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menunda pelantikan tersebut dan fokus terlebih dahulu dalam penanganan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Cianjur.

“Masa warga yang lagi ngaji atau hajatan dibubarkan, ini pemerintahnya malah gelar acara yang melibatkan banyak orang.

Katanya mengampanyekan social distancing, katanya di rumah aja, ini malah tidak memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat,” ujarnya kepada beritacianjur.com, Selasa (7/4/2020).

Jika keukeuh harus dilaksanakan segera, sambung dia, seharusnya Pemkab Cianjur menuruti pedoman yang dikeluarkan Kemendagri terkait protokoler rapat atau pertemuan resmi di tengah pandemi corona.

Pria yang karib disapa Ebes ini menegaskan, Kemendagri jelas menganjurkan agar dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung dengan menggunakan teknologi video conference.

“Sebenarnya pelaksanaan pelantikannya bisa diundur dan tidak dipaksakan di saat pandemi corona seperti sekarang ini. Tapi kalau tetap dilakukan, harusnya tanpa ada tatap muka atau pakai video conference,” tegasnya.

Dikonfirmasi terkait tetap dilaksanakan di tengah pandemi corona dan tidak menggunakan video conference, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Cianjur, Ahmad Danial mengklaim pihaknya melaksanakan instruksi pimpinan.

“Kalau soal video conference mungkin peralatannya belum, belum siap. Intinya kita melaksanakan petunjuk pimpinan,” ucapnya.

Danial menerangkan, pelaksanaan pelantikan digelar 3 hari dan satu harinya dibagi menjadi 8 sampai 9 sesi. Pada satu sesinya, lanjut dia, melibatkan 5 hingga 10 calon kades yang dilantik.

Alhasil, dalam satu hari Pendopo akan didatangi sekitar 90 orang lebih.

“Kita mewajibkan yang hadir itu hanya yang dilantik saja. Mudah-mudahan lah berjalan sesuai skenario dan tidak ada kumpulan massa,” pungkasnya.

Source: BeritaCianjur

TerPopuler

close