Viral Pemasangan Pancang Sungai Cibeet, Gunawan SNIPER Sindir Pemerintah -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Viral Pemasangan Pancang Sungai Cibeet, Gunawan SNIPER Sindir Pemerintah

, 1/24/2020 09:17:00 PM
Pemasangan Pancang di Sungai Cibeet, Cikarang Timur - Kab. Bekasi. (foto:Ahim)
Vnn.co.id, Kabupaten Bekasi - Terkait viralnya Pemasangan Pancang atau Turab Disungai Cibeet yang diduga akan dijadikan Taman Rekreasi Dwi Sari Waterpark yang berlokasi didekat Bantaran Sungai Cibeet di Kp Ciranggon Desa Cipayung Kecamat Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, membuat Ketua Umum LSM SNIPER INDONESIA, Gunawan, yang juga warga Desa Cipayung angkat Bicara dan menyindir Pemerintah.

"Kalau itu memang bisa dibuktikan Hak miliknya terus kenapa? disinilah perlunya Peranan Pemerintah untuk dapat menyelasaikan",ucap Gunawan, Jumat (24/01/2020) 

Gunawan juga mengatakan jangan Giliran ada kasus mencuat masalah Pemancangan dibantaran sungai Cibe'et, pada muncul itu para pejabat berwenang, sebelum - sebelumnya pada kemana para pejabat pemerintahan? tanya Gunawan

"Disaat masyarakat terkena banjir karena luapan air sungai Cibe'et, apakah mereka (Pemerintah red) memberi solusi, apakah mereka melakukan program penataan dan penanggulangan banjir khususnya untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) Cibe'et",sindirnya lagi

Gunawan juga menjelaskan, seingat saya sungai Cibe'et itu menjadi Kewenangan dan Tanggung jawab Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) dibawah Kementrian Pekerjaan Umum tetapi itu hanya bentuk tulisan semata.

"Dalam konkritnya belum pernah ada bentuk tanggung jawab Pihak BBWSC terhadap sungai Cibe'et dan masyarakat bantaran sungai",jelasnya

Maka, kata Gunawan, jangan kaget ketika ada masyarakat melakukan kegiatan usaha yang ditenggarai tidak mematuhi aturan dan berdampak lingkungan, dan ini jelas pemerintah kecolongan.

Karena, semua akibat dari pemerintahnya itu sendiri tidak punya rasa tanggungjawab terhadap yang menjadi kewenangannya baik terhadap sungai ataupun dengan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai.

Persoalan sungai Cibe'et dengan adanya pemancangan (turab), memang harus segera diselesaikan dari sisi perizinannya dan dampak - dampak lingkungannya. Karena sungai Cibe'et itu membelah dua wilayah yaitu Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.

Tapi jangan terlupakan pula ada persoalan tanah masyarakat yang setiap tahunnya terkikis dan tergerus banjir akibat luapan sungai Cibe'et dikedua wilayah tersebut disinilah harusnya pemerintah memberi solusi dan melakukan penyelesaian juga buat warga yang menjadi haknya.tegas Gunawan



Rep : Ahim
Red : JA

TerPopuler

close