Kini Pukul :

Aktivis Pro Demokrasi Yeni Rosa Damayanti Apresiasi Kinerja Polri Di Pemilu 2019

Yeni Rosa, Aktivis Buruh Pro Demokrasi (Prodem) 
Vnn.co.id, Kota Depok - Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) Yeni Rosa Damayanti memuji kinerja Polri dalam mengamankan jalannya Pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019.

Aktivis perempuan yang kini berkecimpung dalam perjuangan Hak-Hak Asasi Manusia (HAM) para penyandang disabilitas mental ini mengaku sangat bersyukur karena aparat kepolisian lebih dominan saat berhadapan langsung dengan masyarakat.

Meski demikian bukan berarti Polri harus menjadi sebuah institusi yang superbody." Ucap Yeni Saat dimintai tanggapannya soal pelakasanaan Pemilu serentak Tahun 2019, Senin, (22/7/2019).

"Menurut Yeni, Dominasi Kerja Kepolisian yang berhadapan langsung dengan masyarakat tentunya juga mencegah kembalinya dominasi TNI terhadap Sipil. Dia menilai meski peran Polri begitu mendominasi namun keadaanya tidak separah pada saat sebelum masa reformasi.

Terlebih Polri tidak memiliki keterwakilan fraksi di DPR/MPR RI seperti halnya keberadaan fraksi ABRI dahulu. Baginya kekutan politik sipil dan bersenjata tidak boleh di satukan. Dan Kewenangan TNI harus tetap dalam porsinya, Apalagi dalam perkembangan informasi yang pesat membuat orang menjadi lebih waspada sehingga sepak terjang siapapun dapat terpantau.

Pasca Pilpres 2019, rekonsiliasi yang terjadi antara kubu 01 dan 02 menurutnya tidak terjadi masalah.

Sementara dirinya menjawab saat ditanya rumor pelibatan kalangan cacat mental (gila) ikut memilih dalam pemilu.

Dia menjelaskan orang dengan gangguan jiwa masul ke dalam kategori penyandang disabilitas, Dalam Undang-Undang Disabilitas, Semua penyandang disabilitas memiliki HAM temasuk dalam hak berpolitik untuk ikut dalam pemilu.pungkasnya

(Red)

No comments