Kini Pukul :

PBB Ikuti Ijtima Ulama, Poros Mekkah Deklarasi Dukung Prabowo - Sandi.

MS. Kaban, Ketua Dewan Syuro,
Partai Bulan Bintang (PBB).
Vnn.co.id, Jakarta — Sebagian dari Calon Legislatif Partai Bulan Bintang (PBB) yang menamakan diri sebagai Caleg Poros Mekkah, telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Kebanyakan dari Caleg tersebut adalah Caleg dari daerah pemilihan DKI Jakarta, Kalimantan, dan Pulau Jawa.

100 orang lebih Caleg Poros Mekkah PBB mendeklarasikan dukungan di aula Masjid Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Jakarta Pusat, Sabtu 26 Januari 2019. Deklarasi dipimpin oleh Sekretaris Organizing Committee, Abdul Chair.

“Caleg PBB Poros Mekkah menyatakan kesetiaan, ketaatan, dan kepatuhan terhadap komando imam besar umat islam Indonesia yang mulia al-habib Muhammad Rizieq Shihab dan oleh karenanya mendukung hasil Ijtima Ulama yang telah menetapkan Prabowo Sandi sebagai capres cawapres pada pilpres tahun 2019,” Ucap Abdul diikuti seluruh Caleg yang hadir.

Ditempat yang sama, Ketua Majelis Syuro PBB, MS Kaban, yang turut hadir di deklarasi, caleg PBB merasakan masyarakat akan memilih partai yang mendukung pasangan calon yang diusung oleh Intima Ulama. Dirinya mengklaim mayoritas kader PBB, menyatakan dukungan yang sama.

Namun begitu Kaban menyatakan, belum mengetahui arah dukungan resmi dari partainya. Menurutnya hal itu baru akan dipastikan besok, dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) PBB.

Ia pun menanggapi santai saat ditanyai kemungkinan berlawanan dukungan dengan partai. Ia mengatakan perbedaan hal wajar, ia sendiri sudah menyatakan sikap sebagai ketua Majelis Syuro. Terpenting, menurutnya semua kader partai tetap memilih dan ikut dalam pemilihan umum.

“Kami tidak bisa memprediksi (arah dukungan PBB) tapi saya sebagai Ketua Majelis Syuro sudah merekomendasikan agar dewan pimpinan partai PBB itu ikut pada Ijtima Ulama". Terang Kaban yang pernah menjabat Menteri era SBY.

Adapun Ketua Steering Committee Poros Mekkah PBB, Ahmad Yani, mengatakan pilihan mereka mendukung 02, Prabowo - Sandi didasari oleh ketaatan mereka pada keputusan ulama. Baginya Ijtima Ulama bersifat mutlak, dan tak bisa diganggu gugat.

“Kalo mau menawar sebelumnya, kalau sekarang keputusan sudah ada,” kata Ahmad di lokasi.

Sebelumnya beberapa ulama dua kali berkumpul dalam sebuah forum bernama Ijtima Ulama. Mereka berkumpul untuk merumuskan rekomendasi dukungan dalam Pilpres 2019.

Ijtima Ulama pertama menghasilkan keputusan mendukung Prabowo Subianto, dengan rekomendasi wakil yang saat itu belum dipilih, di antaranya Ustad Abdul Somad, Aa Gym, dan beberapa nama lain. Ijtima Ulama 2, hasilnya sama, namun dengan rekomendasi wakil presiden yang berbeda.

Jurnalis: IP
Editor: IP

No comments