Kini Pukul :

Pipa "Siluman" Sumber Limbah Air Cileungsi. Eko Syaiful Rohman: Bupati dan DLH Bogor Harus Tindak Tegas Perusahaan

Eko Syaiful Rohman Saat Telusuri Pipa Siluman Sungai Cileungsi.
vnn.co,id, Kabupaten Bogor - Berawal dari temuan komunitas pecinta lingkungan Gunung Putri yang dipimpin Panji Saputra, komunitas tersebut melakukan koordinasi dengan beberapa elemen masyarakat termasuk Bapak Eko Syaiful Rohman.

Panji Saputra meminta agar Eko Syaiful Rohman selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor untuk ikut meninjau lokasi yang diduga sumber pembuangan limbah ke sungai Cileungsi dari perusahaan (Industri) yang belum diketahui kepemilikan pipa siluman tersebut.

Eko Syaiful Rohman bersama komunitas Pecinta alam Gunung Putri turun ke lokasi langsung pada Senin, (27/9/18) sejak pagi hingga siang dengan membawa peralatan seadanya dan berjalan kaki telurusi Sungai Cileungsi.
Video Perjalanan Telusuri Sungai Cileungsi Anggota DPRD Kabupaten Bogor.
Eko Syaiful Rohman Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

Pada kesempatan tersebut, pria yang sudah memiliki cucu itu merasa kembali muda karena harus berjalan kaki sepanjang kurang lebih 10 Kilometer pulang pergi, untuk mencapai titik lokasi diduga pipa siluman yang hanya terlihat pada saat sungai surut.

Pipa yang di cor itu hanya terlihat bagian ujungnya saja dan setelah melakukan pengecekan air yang keluar dari pipa tersebut berwarna hitam disertai bau yang menyengat.

Tanpa berfikir panjang, Anggota DPRD yang sudah 2 Periode jadi wakil rakyat Daerah Pemilihan (DAPIL) 2 (Dua) Kecamatan Cileungsi, Jonggol, Gunungputri, Cariu, Tanjungsari dan Sukamakmur itu membawa air yang berasal dari pipa itu ke Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

Seperti yang sebelumnya vnn.co.id warta-kan "Komunitas Pecinta Alam Gunung Putri Temukan Pipa "Siluman" Ke Sungai Cileungsi, Diduga Pipa Aliran Limbah Industri" Panji Saputra selaku Ketua Komunitas berharap Pemerintah dan elemen lainnya ikut serta menjaga dan mengawal permasalahan ini.

Eko Syaiful Rohman juga mengatakan dalam video berikut, bahwa dirinya akan menyurati Bupati Bogor dan DLH Bogor untuk turun langsung dan menindak tegas perusahaan nakal yang membuang limbah ke Sungai Cileungsi.
Video Eksklusif Eko Syaiful Rohman
SIDAK Sungai Cileungsi Yang Berwarna Hitam dan Berbau.

Kini, setelah video yang viral di Youtube dan menjadi perhatian sejumlah aktivis banyak kalangan yang ambil sikap terkait permasalahan sungai Cileungsi.

Eko Syaiful Rohman juga akui, bahwa dirinya sudah bertahun-tahun mencari tahu sumber mengapa air sungai menghitam dan bau itu, namun sejak berkomunikasi dengan Komunitas Pecinta lingkungan itulah dirinya dengan jelas melihat kerusakan moral pemilik perusahaan.

Eko Syaiful Rohman merasa terpanggil dan beban moral bagi nya untuk andil dan mengawal persoalan ini, karena selain dirinya 10 tahun menjabat anggota DPRD Kabupaten Bogor, ia pun digadang-gadang akan maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (Pusat) Daerah Pemilihan Jawa Barat V (Jabar 5) Kabupaten Bogor dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Jurnalis: IP

No comments