Komunitas Pecinta Alam Gunung Putri Temukan Pipa "Siluman" Ke Sungai Cileungsi, Diduga Pipa Aliran Limbah Indsutri. -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Komunitas Pecinta Alam Gunung Putri Temukan Pipa "Siluman" Ke Sungai Cileungsi, Diduga Pipa Aliran Limbah Indsutri.

, 8/27/2018 10:18:00 PM
Pipa Siluman dugaan kuat pembuangan Limbah Industri.
vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Sekelompok pemuda yang menamakan dirinya Komunitas Pecinta Lingkungan Gunung Putri, Bogor Timur merasa prihatin akan lingkungan sekitar. Dimana mereka menemukan betapa pekat dan hitam nya air sungai yang mengalir di sepanjang Sungai Cileungsi. Sebagaimana dituturkan Ketua Tim Investigasi Panji Saputra.

"Menjawab keresahan warga, hati pribadi dan panggilan jiwa, mencoba mencari penyebab berubahnya air Sungai Cileungsi yang menjadi hitam dan berbau busuk" Terang Panji Saputra yang akrab disapa Kang Panji

Pada investigasi yang dilakukan hari Senin, (27/8/18) Panji ditemani dengan rekan se-komunitasnya untuk terjun langsung menyisir pinggiran sungai untuk mengetahui sebab musabab sungai menjadi berwarna hitam.

Dalam aksi nya itu ditemukan sebuah Pipa dengan diameter kurang lebih 30 Cm dan panjang lebih dari 50 Meter dari sisi sungai menjorok ketengah, untuk mengelabui warga sekitar Pipa ditutup dengan coran dan berada didasar sungai sehingga ujung pipa itu tidak akan terlihat jika dalam keadaan sungai berisi air dan hanya kemarau seperti sekarang ini air diduga limbah industri dibuang atau di alirkan.
Jarak Pipa di Perkirakan 50 Meter ke Bibir Sungai.
Tanpa berfikir panjang lagi, komunitas tersebut langsung mengambil air berwarna hitam dan berbau itu untuk selanjutnya di serahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor pada siang harinya sekira pukul 14:15 WIB. Panji kemudian melakukan koordinasi dengan organisasi atau pun Lembaga Sosial Masyarakat lainnya untuk mencari apakah ada titik lain dengan pipa atau jenis serupa yang membuat Sungai Cileungsi menjadi rusak dan membunuh ekosistem.

Panji berharap ada support dari kalangan masyarakat untuk tidak menutup-nutupi perusahaan atau oknum nakal yang membuang limbah ke sungai.
Dalam kesempatan itu pula Panji bertemu dengan Jamaluddin Mansyur pegiat lingkungan dari Lembaga Swadaya Masyarakat Suara Timur (LSM SATU) yang ikut berkoordinasi dan mencari titik pangkal permasalahan.

Jamal mengatakan "Sambil menunggu hasil Laboratorium DLH Kab, Bogor kita bersama-sama akan telusuri pinggiran Sungai Cileungsi untuk mengetahui ada berapa banyak jumlah pipa serupa" Pungkasnya.

Jurnalis: IP

TerPopuler

close