Universitas Pakuan Laksanakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Situ Tlajung Hilir -->
IKLAN PEMDA BEKASI HUT RI 2023 VNNCOID

Universitas Pakuan Laksanakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Situ Tlajung Hilir

, 2/11/2023 10:42:00 PM

Penyampaian Pemaparan.

Vnn.co.id, Kabupaten Bogor - Dengan diiringi guyuran hujan, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan berjalan lancar.
 

Acara yang digelar di sempadan Situ Tlajung Hilir, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, pada hari Sabtu, (11/02/2023) ini mengambil 3 tema edukasi yaitu pengelolaan sampah rumah tangga, pertanian organik, dan pengendalian pencemaran air.


Dalam sambutannya Ketua Program Studi Manajemen Lingkungan, Rosadi menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme dari DLH,  pemerintah Kecamatan Gunungputri, Pemdes Wanaherang, LPM, karangtaruna, pegiat Situ Tlajung Hilir dan masyarakat sekitar situ. 


Sementara itu Yudi Kaur Pemerintahan Desa Wanaherang yang mewakili kepala desa menyampaikan "Saya berterima kasih kepada Universitas Pakuan yang memilih Situ Tlajung Hilir ini sebagai tempat PKM. Kebetulan saya juga alumni UNPAK Bapak/ Ibu dosen. Berharap banyak program dari kampus bisa digulirkan untuk kami."


Pegiat sosial sekaligus penasihat paguyupan Situ Tlajung Hilitlr, Ramdani merasa senang dengan kegiatan edukasi dari kampus Unpak ini. "Beginilah kondisi Situ Tlajung Hilir yang terkadang dapat kiriman sampah dan limbah, kami berharap dengan bantuan perencanaan dan support dari kampus Unpak bisa menjadikan Situ ini menjadi destinasi wisata yang terjaga kelestariannya."


Dalam penyampaian materi, peserta masyarakat yang terdiri dari pemuda, bapak dan ibu rumahtangga dibagi menjadi 3 kelompok dengan lokasi yang agak berjauhan. Terlihat antusiasme warga dalam menerima pemaparan dari para nara sumber, para mahasiswa Manajemen Lingkungan Angkatan 2021 ini. 


Yuyun, salah satu peserta dari tema pengelolaan sampah rumah tangga menyampaikan ucapan terima kasih dan senang dengan kegiatan ini. Sementara RW Encup juga merasa senang sebagai petani mendapat ilmu baru dalam dunia pertanian organik. 


Dalam acara penutupan,  perwakilan dari kecamatan Gunungputri, Farid (sie Ekbang) menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan dari UNPAK ini.


"Saya mewakili pak Camat  berharap kegiatan pendampingan dari masyarakat ini berjalan berkelanjutan." Ucapnya. 


Sementara perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Esty juga merasa senang dengan kegiatan yang sangat positif ini. Esti menyampaikan.


"Semoga kedepan di daerah ini terbentuk Kampung Ramah Lingkungan." Jelasnya.

Sesi Fhoto Bersama. 

Ditempat yang sama Wakil rektor, Rita Retnowati menyampaikan rasa senang dapat hadir dalam kegiatan.


"Saya merasa senang karena antusias dari semua luar biasa. Bismillah, semoga kedepan bisa terjalin kerjasama antara Universitas Pakuan dalam upaya pelestarian Situ Tlajung Hilir ini." Ujar Rektor.


Sementara Komti Manajemen Lingkungan angkatan 2021, Enny Musfiroh Setyarini yang juga ketua panitia pelaksana pada kegiatan PKM hari ini menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang luar biasa bahkan dari hasil edukasi langsung semangat membuat pengurus bank sampah. Ia menyampaikan.


"Jadi mulai hari ini, kita semua berkomitmen melakukan pilah sampah dari rumah. Sampah organiknya diolah menjadi kompos di composter yang sudah dibagikan dan sampah an organiknya dikumpulkan untuk ditimbang dalam launching skaligus penimbangan sampah perdana di bulan depan." Tutup Ketua Panitia yang merupakan pegiat Lingkungan khususnya persoalan Bank Sampah.


Redaksi

TerPopuler

close